Urutan Dzikir Setelah Sholat yang Sesuai dengan Sunnah

Urutan Dzikir Setelah Sholat yang Sesuai dengan Sunnah

Potret Seseorang Sedang Berdzikir--freepik

INFORADAR.ID - Menjalankan sholat lima waktu merupakan salah satu kewajiban dasar dalam Islam dan umat Islam tidak dapat menghindarinya di mana pun mereka berada atau dalam keadaan apa pun. 

Selain melaksanakan sholat wajib, ajaran Islam juga menganjurkan untuk melaksanakan salat sunah, termasuk membaca doa-doa sebelum dan sesudah salat wajib. 

Doa-doa ini dipercaya dapat membantu dalam memperoleh keinginan yang diharapkan, menyempurnakan doa dan membawa berkah dari Allah SWT selepas sholat wajib.

Di bawah ini adalah urutan dzikir yang dibaca setelah sholat wajib:

1. Membaca Istighfar 

أَسْتَغْفِرُ اللهَ الْعَظِـيْمَ الَّذِيْ لَااِلَهَ اِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّوْمُ وَأَتُوْبُ إِلَيْهِ ×٣

Artinya: “Saya mohon ampun kepada Allah yang Maha Besar, tidak ada tuhan melainkan dia, yang maha hidup yang terus-menerus mengurus makhluknya, dan saya bertobat kepadanya.”

2. Memuji Allah SWT

لَااِلَهَ اِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ يُحْيِ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْر 

Artinya: Tidak ada yang berhak disembah selain Allah. Dia Yang Maha Tunggal tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Dibaca 3 kali.

3. Kemudian, Dilanjutkan dengan Membaca: 

للَّهُمَّ أَنْتَ السَّلاَمُ، وَمِنْكَ السَّلَامُ، وَإِلَيْكَ يَعُوْدُ السَّلَامُ فَحَيِّنَارَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَاَدْخِلْنَا الْـجَنَّةَ دَارَ السَّلَامِ تَبَارَكْتَ رَبَّنَا وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْـجَلَالِ وَاْلإِكْرَام. 

Artinya: “Ya Allah, engkau adalah zat yang mempunyai kesejahteraan dan dari pada-Mu lah kesejahteraan itu da kepada-Mu lah akan kembali lagi segala kesejahteraan itu, maka hidupkanlah kami ya Allah dengan sejahtera. dan masukkanlah kami ke dalam surga kampung kesejahteraan, engkaulah yang kuasa memberi berkah yang banyak dan engkaulah yang maha tinggi, wahai zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan.” 

4. Memohon Perlindungan dari Api Neraka

اَللَّهُمَّ أَجِرْنِـى مِنَ النَّارِ

Artinya: "Ya Allah, lindungilah aku dari api neraka." (7 kali)

5. Membaca Tasbih, Hamdala dan Takbir

سُبْحَانَ اللهِ ×٣٣ 

Artinya: Maha Suci Allah 

 اَلْحَمْدُلِلهِ ×٣٣ 

Artinya: Segala puji bagi Allah 

 اَللهُ اَكْبَرْ ×٣٣ 

Artinya: Allah Maha besar

BACA JUGA : Tata Cara Itikaf di 10 Malam Terkahir Ramadan, Ramai Orang Berbondong Mencari Lailatul Qadar

6. Kemudian Dilanjut dengan Membaca: 

اَللهُ اَكْبَرْ كَبِيْرًا وَالْحَمْدُ لِلهِ كَثِيْرًا وَسُبْحَانَ اللهِ بُكْرَةً وَأَصِيْلًا، لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُيُحْيِيْ وَيُمِيْتُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْئٍ قَدِيْرٌ، وَلَاحَوْلَ وَلَاقُوَّةَ إِلَّابِا للهِ الْعَلِـىِّ الْعَظِيْمِ

Artinya: “Allah Maha Besar dengan sebesar-besarnya, segala puji bagi Allah dengan pujian yang banyak. Mahasuci Allah pada waktu pagi dan petang. Tidak ada yang berhak disembah selain Allah. Dia Yang Maha Tunggal tidak ada sekutu bagi-Nya. Milik-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, dan tiada daya dan upaya kecuali dengan kekuatan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

7. Dilanjut dengan Membaca Tahlil

. أَفْضَلُ ذِكْرِ فَاعْلَمْ أَنَّهُ  لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ 

(Dibaca 300 kali bakda shubuh, 100 kali bakda isya, 50 kali ba'da dzuhur, 50 kali ba'da ashar, dan 100 kali ba'da maghrib)

8. Ditutup dengan Doa

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. حَمْدًا يُوَافِيْ نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ.

يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِيْ لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيْمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ

اَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ

 وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

اَللَّهُمَّ هَوِّنْ عَلَيْنَا فِي سَكَرَةِ الْمَوْتِ وَالنَّجَاةَ مِنَ النَّارِ وَالْعَفْوَ عِنْدَ الْحِسَابِ

رَبَّنَا لاَ تُزِغْ قُلُوْبَنَا بَعْدَ إِذْ هَدَيْتَنَا وَهَبْ لَنَا مِنْ لَدُنْكَ رَحْمَةً إِنَّكَ أَنْتَ الْوَهَّابُ

رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ أَزْوَاجِنَا وَذُرِّيَاتِنَا قُرَّةَ أَعْيُنٍ وَاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ إِمَامًا

رَبَّنَا ظَلَّمْنَا أَنْفُسَنَا فَإِنْ لَمْ تَغْفِرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُوْنَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ

رَبَّنَا آتِنَا فِى الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى الآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Artinya:

"Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam, kepujian yang sesuai mensyukuri nikmat-Nya, dan memohonkan kelebihan-Nya, ya Tuhan kami bagi-Mu segala puji, yang selayaknya dengan kebesaran-Mu dan kekuasaan-Mu, kesejahteraan dan keselamatan atas junjungan kami Nabi Muhammad saw atas segala keluarga dan sahabat seluruhnya.

Ya Allah, kami mohon kepada-Mu keselamatan agama, kesihatan jasmani, bertambah ilmu dan berkatkan rezeki, dapat bertaubat sebelum mati, mendapat rahmat ketika mati dan memperoleh keampunan setelah mati.

Ya Allah, mudahkanlah ketika ada golombang sakaratulmaut dan lepaskanlah dari api neraka dan mendapat kemaafan ketika dihisab.

Ya Allah, janganlah digoncangkan hati kami setelah mendapat petunjuk, berilah kami rahmat, engkaulah Maha Pemberi .

Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami) dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

Ya Allah, sesungguhnya kami telah menzalimi diri kami sendiri. Jika tidak Engkau ampuni dan memberi rahmat kepada kami, nescaya kami termasuk orang-orang yang rugi.

Ya Allah berilah kami kebajikan di dunia dan di akhirat, peliharalah kami dari seksa api neraka."

Semoga dengan memenuhi amalan dzikir setelah sholat ini, kita akan menerima berkah dan berkah yang melimpah dari Allah SWT. Aaaaminnn.(*)

BACA JUGA : Penuh Keistimewaan, Trik Khatam Al-Kahfi Tiap Jumat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: