Kualitas Udara di Banten Jadi yang Terburuk di Indonesia

Kualitas Udara di Banten Jadi yang Terburuk di Indonesia

Masjid Agung Banten--gmaps

INFORADAR.ID - Kualitas udara di Banten pagi ini adalah yang terburuk di Indonesia. Sabtu (30 Maret 2024) pukul 08:00 WIB.

Dalam laman Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dalam satuan WIB, indeks pencemaran udara di Banten berada di angka 130.

Wah bagaimana bisa kualitas udara di Banten menjadi yang terburuk di Indonesia?

Menurut Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran Udara KLHK, ISPU adalah angka yang tidak unik yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kualitas udara ambien di suatu lokasi pada hari ini, berdasarkan dampaknya terhadap kesehatan manusia, nilai estetika, dan mahluk hidup lainnya.

BACA JUGA:Spot Mancing di Banten yang Asoy Pula untuk Rekreasi

Perhitungan ISPU didasarkan pada pengukuran tujuh parameter pencemaran udara yaitu PM10, PM2.5, NO2, SO2, CO, O3, dan HC.

Pengukuran parameter polusi udara dilakukan di 72 stasiun yang terletak di berbagai wilayah.

Menurut Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. 14 Tahun 2020 tentang Standar Indeks Standar Pencemaran Udara, ISPU antara 0 dan 50 berarti kualitas udara yang baik, sekitar 51-100 berarti kualitas udara sedang, dan sekitar 101-200 berarti kualitas udara yang tidak sehat yang berbahaya bagi manusia, tumbuhan, dan hewan.

Selain itu, kualitas udara yang sangat buruk antara 201 dan 300 dapat meningkatkan risiko kesehatan bagi populasi yang sensitif.

Di sisi lain, tingkat kualitas udara berbahaya di atas 300 sangat tidak sehat dan membutuhkan penanganan segera.

Setelah Banten, Jawa Barat menempati urutan kedua di Indonesia untuk kualitas udara dengan indeks kualitas udara 104. Di tempat ketiga adalah Riau dengan indeks kualitas udara 89.

Ini berarti tidak ada daerah yang memiliki kualitas udara yang buruk.

BACA JUGA:Dingin Diguyur Hujan, Angetin di Tempat Wisata Banten Ini Saja

Dikutip dari Databoks, berikut daftar 10 provinsi dengan indeks kualitas udara terburuk di Indonesia per Sabtu, 30 Maret 2024, pukul 08:00 WIB.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: databoks