Tips Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter

Tips Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter

Tips Mengatasi Sakit Gigi Tanpa Perlu ke Dokter--freepik

INFORADAR.ID - Sakit gigi adalah pengalaman yang sangat tidak menyenangkan dan terkadang tak tertahankan. 

Hal ini karena saraf pada gigi sangat sensitif dan saraf gigi merupakan salah satu saraf yang paling sensitif di seluruh tubuh. 

Berbagai metode perawatan mandiri tersedia untuk meredakan sakit gigi dengan cepat, tetapi penting untuk diingat bahwa solusi ini sering kali hanya bersifat sementara. 

Jika penyebab yang mendasari tidak ditangani dengan baik, ketidaknyamanan yang disebabkan oleh sakit gigi dapat kambuh lagi.

Ada banyak macam sakit gigi, mulai dari rasa sakit yang konstan hingga rasa sakit yang datang dan pergi. Biasanya, sakit gigi biasanya terjadi saat pembusukan pertama kali terjadi pada gigi. 

Proses ini biasanya menandakan bahwa gigi berada pada tahap awal pembusukan dan mungkin mulai membusuk.

Dan ada beberapa cara alami untuk meredakan sakit gigi sebelum pergi ke dokter gigi, dan beberapa di antaranya dapat ditemukan di rumah.

Untuk kasus yang tidak terlalu serius, berikut adalah beberapa bahan yang dapat membantu mengurangi rasa sakit gigi:

1. Berkumur dengan Air Garam Hangat

Berkumur dengan air garam hangat adalah cara yang efektif untuk meredakan sakit gigi dengan cepat. 

Air garam memiliki sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang membantu menghilangkan bakteri jahat dari mulut dan mengurangi pembengkakan.

2. Cengkeh

Cengkeh mengandung senyawa yang disebut eugenol, yang dikenal dapat meredakan sakit gigi. 

Cengkeh dapat dikunyah secara langsung atau minyak cengkeh dapat dioleskan ke area yang sakit dengan kapas.

Namun, harus berhati-hati saat menggunakan cengkeh dengan cara ini, karena dapat menyebabkan beberapa reaksi seperti iritasi.

BACA JUGA : Pengertian, Prosedur dan Biaya Polishing Gigi yang Gak Mahal Tapi Bikin Warna Alami Gigi Lebih Sehat

3. Daun Jambu Biji Merah

Selain dikenal sebagai obat demam berdarah, daun jambu biji merah memiliki sifat anti-inflamasi, antibakteri dan analgesik. 

Daun jambu biji merah ini dapat dikunyah hingga keluar sarinya sebelum makan untuk mengurangi radang mulut dan rasa sakit.

4. Bawang Putih

Bawang putih memiliki sifat antibakteri yang membantu membunuh bakteri penyebab infeksi gigi. Bawang putih dapat dikunyah secara langsung atau dioleskan langsung ke area yang sakit. 

Namun, hindari menahan irisan atau pasta bawang putih di dalam mulut untuk waktu yang lama karena dapat menyebabkan iritasi.

5. Es Batu

Es batu dapat digunakan untuk memberikan tekanan pada area yang terkena untuk mengurangi sakit gigi, peradangan dan pembengkakan.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi sakit gigi dengan cepat. Jaga kesehatan gigi dan mulut dengan mempraktikkan kebersihan yang baik dan melakukan perawatan gigi yang baik.(*)

BACA JUGA : Rekomendasi Vitamin yang Dapat Membantu Menambah Nafsu Makan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: