Cara Melindungi Mata Saat Menggunakan Komputer

Cara Melindungi Mata Saat Menggunakan Komputer

potret seseorang yang sedang menggunakan laptop--Freepik @studioredcup

INFORADAR.ID - Di era digital yang semakin canggih, penggunaan komputer telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari. Namun, kemajuan teknologi juga membawa tantangan baru bagi kesehatan, terutama kesehatan mata

Menghabiskan waktu berjam-jam di depan layar komputer dapat menyebabkan kelelahan dan ketegangan pada mata, yang bahkan dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang. 

Penting untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan yang tepat saat menggunakan komputer untuk melindungi mata Anda dan menjaga kesehatan visual Anda. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda melindungi mata Anda saat terpapar teknologi digital.

1. Duduklah cukup jauh dari layar komputer

Duduklah cukup jauh dari layar komputer, idealnya 20-28 inci. Hal ini akan mengurangi tekanan pada mata Anda.

2. Letakkan layar komputer 4-5 inci di bawah ketinggian mata

Letakkan layar komputer 4-5 inci di bawah ketinggian mata. Hal ini akan membantu mengurangi tekanan pada mata dan leher.

3. Sering-seringlah berkedip

Sering-seringlah berkedip saat bekerja di depan komputer. Berkedip membantu menjaga kelembapan mata dan mengurangi peradangan.

BACA JUGA:Lakukan Tips Berikut untuk Menjaga Kesehatan Mata Anda

4. Sesuaikan kecerahan layar

Sesuaikan kecerahan layar komputer Anda sehingga tidak terlalu terang atau terlalu gelap. Gunakan pencahayaan ruangan yang memadai untuk mengurangi silau.

5. Gunakan kacamata anti radiasi

Pertimbangkan untuk menggunakan kacamata anti-radiasi untuk melindungi mata Anda dari cahaya biru yang dipancarkan dari layar komputer. Hal ini dapat mengurangi ketegangan mata dan gangguan tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: