Jenis Obat yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Mudik

Jenis Obat yang Wajib Dibawa Saat Perjalanan Mudik

Ilustrasi Obat Untuk Perjalanan Mudik--freepik

INFORADAR.ID - Menjelang Hari Lebaran 2024, kegiatan tradisi mudik dan berkumpul bersama keluarga dan kerabat masih menjadi agenda bagi sebagian besar orang. 

Namun, sebelum memutuskan untuk mudik, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan dengan matang, termasuk aspek fisik, mental dan kesehatan, serta obat-obatan yang penting untuk dibawa.

Sangat penting untuk membawa obat-obatan yang tepat untuk mengatasi masalah kesehatan yang mungkin timbul selama perjalanan mudik. 

Dengan demikian, jika kamu tiba-tiba sakit, setidaknya kamu sudah siap dan tidak akan kesulitan mencari pertolongan. 

Berikut ini adalah beberapa jenis obat yang sebaiknya kamu bawa dalam perjalanan mudik:

1. Obat Penurun Demam

Demam adalah gejala umum dari respons tubuh terhadap masuknya mikroorganisme. Demam dapat terjadi pada orang dewasa dan anak-anak setelah kembali ke rumah. 

Oleh karena itu, penting untuk membawa obat penurun panas seperti parasetamol untuk mengatasi gejala demam dan juga dapat digunakan untuk meredakan sakit kepala dan nyeri sendi.

2. Obat untuk Flu

Kelelahan saat bepergian, terutama saat menggunakan transportasi, dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko terkena flu. 

Berada di tempat umum yang ramai seperti stasiun kereta api, terminal, dan transportasi umum juga meningkatkan risiko tertular virus flu. Oleh karena itu, penting untuk membawa obat flu.

3. Obat untuk Masalah Lambung

Hidangan khas hari raya seperti ketupat, gulai, dan rendang sering kali mengandung santan, yang tinggi lemak dan dapat membebani perut bagi orang yang memiliki riwayat gangguan lambung. 

Makan tidak teratur saat bepergian juga dapat memperparah gangguan lambung. Oleh karena itu, sangat penting untuk membawa obat lambung cair atau tablet.

4. Obat untuk Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan dapat terjadi saat bepergian dengan pesawat, kapal, kereta api, atau mobil. 

Jika kamu mengalami gejala mabuk perjalanan, kamu harus membawa obat anti-mabuk untuk memastikan dapat melanjutkan perjalanan dengan nyaman. 

Bawalah selalu dua jenis obat, yaitu satu untuk mabuk perjalanan umum dan satu lagi untuk mual yang disebabkan oleh gangguan pencernaan.

BACA JUGA : Larangan Berbuka Puasa dengan Makan Gorengan dan Minum Manis Terlalu Banyak, Begini Kata Dokter

5. Obat untuk Diare

Diare dapat terjadi selama perjalanan mudik karena makanan yang tidak higienis dan pilihan makanan yang buruk. 

Untuk mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan ini, selalu bawa obat anti diare dan minum banyak air selama perjalanan.

6. Obat untuk Alergi

Jika kamu memiliki alergi, jangan lupa untuk membawa obat alergi. 

Gejala alergi seperti gatal-gatal, bengkak, dan kemerahan pada kulit dapat mengganggu kenyamanan kamu selama mudik. Bawalah selalu obat alergi kamu untuk mengurangi gejala alergi.

7. Obat Rutin

Penting bagi orang-orang dengan kondisi kesehatan tertentu seperti diabetes, asma, dan TBC untuk membawa obat rutin mereka. 

Ingatlah untuk membawa obat rutin, karena tidak meminum obat dapat memperburuk kondisi kesehatan kamu.

8. Perlengkapan Pertolongan Pertama (P3K)

Selain obat-obatan yang tercantum di atas, selalu bawa kotak P3K yang berisi obat merah, alkohol, kapas, dan plester. Hal ini penting untuk cedera ringan yang mungkin terjadi selama perjalanan.

Saat kembali ke rumah, kamu tentu ingin semuanya berjalan lancar dan aman. 

Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyiapkan berbagai obat-obatan yang akan dibutuhkan selama perjalanan pulang. 

Pastikan tubuh kamu dalam keadaan sehat dengan minum cukup cairan, makan yang cukup, istirahat yang cukup, dan minum vitamin sebelum berangkat. 

Tindakan pencegahan ini akan membantu kamu terhindar dari masalah kesehatan yang tidak diinginkan selama perjalanan mudik lebaran!.(*)

BACA JUGA : Tak Hanya Mengenyangkan, Ini 4 Manfaat Pisang Untuk Penderita Asam Lambung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: