5 Rekomendasi Minuman Sehat Alami Penurun Berat Badan

5 Rekomendasi Minuman Sehat Alami Penurun Berat Badan

Air Kelapa, Salah Satu Minuman Penurun Berat Badan--freepik

INFORADAR.ID -Diet sering dikaitkan dengan penurunan berat badan, tetapi juga merupakan salah satu kunci untuk menghindari obesitas dan risiko penyakit lainnya. 

Untuk menjaga pola makan yang sehat, orang tidak hanya perlu makan lebih sedikit dan tetap menjalankan diet, tetapi minuman juga memainkan peran penting. 

Ada berbagai cara dalam menutunkan berat badan, salah satuny adalah saat mengonsumsi minuman. 

Berikut ini rekomendasi minuman sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan:

1. Air Putih

Air adalah minuman yang sangat praktis dan mudah dikonsumsi. Air putih tidak mengandung kalori atau gula, sehingga tidak ada risiko kenaikan berat badan. Menurut penelitian, minum 1,5 liter air sehari selama delapan minggu dapat membantu menurunkan berat badan. 

Minum dua gelas air sebelum makan memiliki efek kenyang dan dapat mencegah makan berlebihan.

Jika kamu bosan dengan rasa air putih, tambahkan sepotong lemon atau cobalah infused water untuk mendapatkan variasi rasa.

2. Susu Kedelai

Susu kedelai adalah minuman rendah kalori dan kaya nutrisi. Pilihlah susu kedelai rendah lemak yang diperkaya dengan vitamin D dan kalsium. 

Susu kedelai juga merupakan alternatif yang cocok untuk orang dengan intoleransi laktosa. 

Konsumsi susu kedelai juga dapat membantu mengurangi risiko osteoporosis dan penyakit jantung.

BACA JUGA : 5 Rekomendasi Sahur Sehat untuk Penderita Kolesterol Tinggi

3. Jus Sayuran

Jus sayuran mengandung nutrisi yang mirip dengan jus buah, tetapi lebih rendah kalori. Kandungan serat dalam jus sayuran membantu mengurangi rasa lapar. 

Sebagai contoh, segelas jus tomat mengandung sekitar 40 kalori, sedangkan segelas jus jeruk mengandung sekitar 120 kalori.

4. Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman bebas kalori dan kaya akan antioksidan. 

Selain membantu menurunkan berat badan, antioksidan dalam teh hijau dapat mengurangi risiko penyakit seperti diabetes tipe 2, penyakit hati, dan penyakit jantung. Disarankan untuk minum teh hijau dua kali sehari tanpa tambahan gula atau diganti dengan madu.

5. Air Kelapa

Air kelapa merupakan minuman rendah kalori yang kaya akan elektrolit dan antioksidan yang penting untuk kesehatan. Pastikan kamu mengonsumsi air kelapa alami tanpa tambahan gula. Air kelapa juga membantu merehidrasi tubuh.

Minuman sehat yang disebutkan di atas dapat membantu dalam proses menurunkan berat badan dan mempertahankan berat badan ideal. 

Namun, jangan lupa untuk mengikuti pola makan bergizi dan berolahraga secara teratur untuk mencapai hasil terbaik.(*)

BACA JUGA : Tujuh Buah Ini Baik Dikonsumsi Saat Sahur, Buat Badan Segar Saat Berpuasa

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: