Ragam Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Fisik

Ragam Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan Fisik

Potret Seseorang Sedang Sholat--freepik

INFORADAR.ID -  Amalan sholat bagi umat Islam bertujuan untuk memberikan efek positif terhadap batin dan juga fisik seseorang.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa melakukan sholat memiliki manfaat bagi kesehatan. 

Bagi umat Islam, sholat 5 hari merupakan tugas yang sangat diperlukan dalam rutinitas sehari-hari. Selain memenuhi kewajiban beragama, sholat juga membawa manfaat yang besar bagi kesehatan jasmani dan mental.

Berikut ini adalah beberapa manfaat sholat bagi kesehatan fisik:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Sholat dapat dianggap sebagai bentuk olahraga yang dapat meningkatkan metabolisme seseorang dan kesehatan jantung secara keseluruhan. 

Pergerakan sholat disertai dengan sirkulasi darah yang mengalir ke jantung, yang dapat meningkatkan kelancaran aliran darah dan mencegah terjadinya penyakit jantung koroner.

Saat membuat kelemahan, posisi jantung yang lebih tinggi daripada otak juga membantu meningkatkan suplai oksigen ke otak, yang berkontribusi pada peningkatan kecerdasan.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Beberapa gerakan sholat telah terbukti membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh. 

Misalnya, gerakan membungkuk membantu mengatur aliran darah di bagian atas tubuh, sedangkan gerakan tasyahud membantu mengatur aliran darah di bagian bawah.

3. Meredakan Nyeri Punggung dan Sendi

Selain melancarkan peredaran darah, membungkuk saat sholat juga dapat meredakan beberapa keluhan nyeri, seperti nyeri pada tulang belakang, punggung bawah, lutut, dan telapak kaki. 

Posisi membungkuk juga dapat membantu meregangkan ligamen dan otot, meredakan nyeri punggung, dan menyehatkan persendian.

BACA JUGA : Merasa Sakit Perut Saat Puasa? Mungkin Ini Penyebabnya dan Cara Atasinya

4. Memperbaiki Pencernaan

Gerakan sholat juga dapat membantu meningkatkan fungsi hati dan melancarkan pencernaan dengan merelaksasi usus. 

Ini akan membantu melunakkan pergerakan usus ke seluruh tubuh dan meredakan sembelit.

5. Meningkatkan Postur Tubuh

Gerakan sholat dapat membantu memperbaiki postur tubuh dengan membuat tubuh lebih tegak dan seimbang. Melakukan gerakan takvir akan membuat postur tubuh lebih ideal dan akan membantu mencegah berkembangnya penyakit yang berhubungan dengan postur tubuh yang buruk.

6. Menyehatkan Mental

Gerakan sholat mirip dengan gerakan yoga, yang terbukti memiliki manfaat positif dalam hal kesehatan mental. 

Sholat dapat membawa keharmonisan dalam kehidupan seseorang dengan menggabungkan aspek fisik, sosial, spiritual dan psikologis. Sholat juga dapat mengurangi stres dan kecemasan.

7. Memberikan Ketenangan Jiwa

Doa yang serius dapat memberikan kedamaian bagi jiwa dan mendekatkan seseorang kepada Sang Pencipta. Doa-doa yang dipanjatkan dalam doa juga membantu menciptakan rasa damai dan tenteram dalam menjalani kehidupan.

Manfaat sholat untuk kesehatan tidak langsung terasa, namun harus diterapkan dengan benar dan hati-hati agar dapat merasakan manfaatnya. 

Dengan menjaga kesehatan jiwa dan raga melalui doa, kamu tidak hanya akan memenuhi kewajiban, tetapi juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.(*)

BACA JUGA : Benarkan Setiap Perempuan Memiliki Kista Ovarium? Begini Tips Pencegahannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: