Sedang Bepergian atau Tersesat di Antah-berantah? Ketahui Arah Kiblat untuk Shalat Bagi Seorang Muslim

Sedang Bepergian atau Tersesat di Antah-berantah? Ketahui Arah Kiblat untuk Shalat Bagi Seorang Muslim

Potret Ka'bah yagn menjadi kiblat shalat umat islam.-pixabay/@Konevi-

INFORADAR.ID – Lakukan beberapa langkah berikut ini untuk mengetahui arah kiblat ketika seorang muslim Tengah bepergian atau tersesat di mana pun agar tetap bisa melaksanakan ibadah shalat. 

Sangat penting bagi umat Islam untuk mengetahui arah kiblat yang menjadi arah shalat. arah kiblat adalah arah Ka'bah yang terletah di Mekah, Arab Saudi. 

Ketika kita berada di tempat yang tidak dikenal, ada beberapa cara untuk menyelaraskan diri kita dengan arah kiblat yang benar.

Namun sebelum itu, ketahuilah terlebihdahulu posisi kita yang relatif terhadap Mekah. Ada kesalahpahaman bahwa umat Islam selalu menghadap ke timur saat salat, yang sebenarnya benar. 

Namun, hal ini hanya benar jika kamu tinggal di suatu tempat di sebelah barat Mekah. Terdapat beberapa daerah yang letak Ka’bahnya tidak menghadap timur yang berarti Ka’bah tidak selalu menghadap Timur.

BACA JUGA:Mau Shalat tahajud Sebelum Sahur? Begini Doa Shalat Tahajud yang Lengkap dengan Arab, Latin dan Artinya

Di Indonesia, Mekah menghadap ke arah barat atau barat laut. Dengan begitu, kamu bisa melakukan beberapa car aini untuk menentukan arah Kiblat:

1. Memanfaatkan matahari

Selama ribuan tahun, para pelaut biasanya mengandalkan matahari untuk menentukan letak posisi mereka agar tidak salah arah.

Dengan mengetahui di mana matahari terbit dan terbenam, mereka dapat menentukan posisi dan arah Kiblat untuk melaksanakan shalat 5 waktu di mana pun kita berada.

2. Menggunakan Jam Matahari

Buatlah sebuah jam matahari. Cari tempat yang datar dan letakkan sebuah benda vertikal, seperti tongkat dengan panjang sekitar satu meter, sebelum tengah hari.

Tandai ujung bayangan tongkat tersebut dan ukur panjang bayangan dan buatlah lingkaran di sekeliling tongkat dengan menggunakan panjang bayangan sebagai jari-jari.

Saat hari semakin siang atau menjelang tengah hari, bayangan akan memendek dan menjauhi pusat lingkaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: