Fenomena Hari Ini, Fenomena Equinox, Terjadi Dua Kali, Maret dan September

Fenomena Hari Ini, Fenomena Equinox, Terjadi Dua Kali, Maret dan September

Ilustrasi fenomena equinox-winterseitler-pixabay.com

INFORADAR.ID - Indonesia mengalami fenomena equinox hari ini, Kamis 21 Maret 2024. Fenomena ini terjadi ketika matahari bersinar di garis khatulistiwa dan panjang siang dan malam hampir sama di seluruh dunia.

Fenomena equinox terjadi dua kali dalam setahun. Tahun ini terjadi pada bulan Maret dan September 2024.

Mengutip bmkg.go.id, fenomena equinox adalah fenomena astronomi di mana Matahari melintasi garis khatulistiwa sebanyak dua kali dalam satu siklus.

Saat peristiwa ini terjadi, Matahari dan Bumi berada pada titik terdekatnya. Akibatnya, daerah tropis di dekat khatulistiwa menerima jumlah sinar matahari yang maksimal.

BACA JUGA:Lima Orang dengan Pengikut Media Sosial Terbanyak di Dunia 2024

Namun, fenomena ini tidak selalu menyebabkan peningkatan suhu yang tajam atau ekstrem.

Fenomena equinox terjadi dua kali dalam setahun, saat Matahari melintasi bidang ekuator Bumi. Dua equinox utama adalah equinox musim semi dan equinox musim gugur.

1. Equinox Musim Semi

Terjadi sekitar tanggal 20 Maret hingga 21 Maret setiap tahunnya di belahan Bumi Utara. Pada saat ini, siang dan malam memiliki durasi yang sama di semua lokasi di Bumi.

2. Equinox Musim Gugur

Terjadi sekitar tanggal 22 September hingga 23 September setiap tahunnya di belahan Bumi Utara. Sama seperti equinox musim semi, pada saat ini siang dan malam memiliki durasi yang sama di semua lokasi di Bumi.

BACA JUGA:4 Sholat Sunnah Pembuka dan Pelancar Rezeki Dunia Akhirat

Equinox ditentukan oleh posisi Bumi dalam orbitnya sekitar Matahari, ketika sumbu Bumi tegak lurus terhadap garis imajiner yang menghubungkan Bumi dan Matahari. 

Ini menyebabkan Matahari terbit tepat di arah timur dan terbenam tepat di arah barat, tanpa perbedaan yang signifikan antara siang dan malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg.go.id