Inilah Tanda-tanda jika Hp Android Anda Diretas

Inilah Tanda-tanda jika Hp Android Anda Diretas

ilustrasi peretasan pada hp android--Sumber & Design Freepik

INFORADAR.ID - Di dunia yang semakin terhubung secara digital, perangkat Android telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Namun, kenyamanan dan kemudahan yang diberikan oleh teknologi ini juga membawa risiko keamanan yang signifikan. 

Salah satu ancaman terpenting yang harus diwaspadai adalah peretasan perangkat Android. Pada artikel ini, kita akan membahas tanda-tanda bahwa perangkat Android Anda mungkin telah diretas dan langkah-langkah yang dapat Anda ambil untuk melindungi diri dari ancaman dunia maya yang mengintai.

Saat ponsel Android Anda diretas, Anda pasti sangat frustrasi dan marah. Jika Anda mencurigai seseorang telah meretas perangkat Android Anda, jangan khawatir. Meretas dan menghapus titik masuk bekas sebenarnya tidak sesulit yang Anda kira. simak artikel ini untuk mengetaui langkah-langkah untuk mengatasinya. 

Ini menjelaskan tanda-tanda umum bahwa ponsel Anda telah diretas atau terserang malware, memberikan panduan untuk memperbaiki perangkat Android yang diretas, dan menunjukkan cara mengunci Android untuk mencegah serangan di masa mendatang.

1. Kinerja menurun dan sering muncul pop-up

Jika Android Anda berjalan lambat dan Anda tidak dapat memperbaikinya setelah memulai ulang, mungkin ada malware di ponsel Anda. Ini juga dapat menyebabkan banyak jendela atau pop-up, termasuk iklan dan permintaan pembayaran, yang dengan cepat menghabiskan baterai.

BACA JUGA:Data Pribadi Sering Diretas, UU Perlindungan Data Pribadi Diharapkan Segera Disahkan DPR

2. Muncul aplikasi yang tidak dikenal atau anda tidak merasa meng instal

Jika ada aplikasi di daftar aplikasi Anda atau di layar beranda yang tidak Anda ketahui, Ponsel Anda mungkin diretas yang dapat mengakses ponsel Anda dan menginstalnya.

Namun, tidak seperti aplikasi biasa, aplikasi yang dipasang oleh peretas biasanya disembunyikan, jadi Anda perlu mencarinya di aplikasi Pengaturan di bagian Aplikasi.

3. Surel dan chat tidak di kenal 

Jika peretas memiliki akses ke ponsel Anda, peretas dapat menggunakannya untuk mengirim pesan ke orang lain, termasuk kontak Anda. Periksa apakah ada pesan yang tidak Anda kirim ke folder terkirim di aplikasi Obrolan atau email Chat.

Peretas juga dapat menyamar sebagai nomor telepon atau alamat email Anda. Ini berarti dia sebenarnya tidak memiliki akses ke ponsel Anda.

4. paket data cepat habis 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: