Cara Mudah Membuat Penunjuk Arah Mata Angin dari Bahan Sederhana

Cara Mudah Membuat Penunjuk Arah Mata Angin dari Bahan Sederhana

ilustrasi arah mata angin--Sumber & Design Freepik

INFORADAR.ID - Terkadang, dengan petualangan di hutan belantara atau di tempat-tempat baru, kebutuhan akan pengetahuan tentang arah mata angin menjadi sangat penting. Namun, Anda mungkin tidak selalu memiliki akses ke perangkat navigasi yang rumit seperti kompas.

Untungnya, dengan sedikit kreativitas dan beberapa bahan sederhana seperti kertas, Anda dapat dengan mudah melakukan aspek-aspek dasar yang dapat membantu Anda menemukan jalan, dengan menggunakan petunjuk arah mata angin yang dapat dibuat dengan sederhana.

Ketika arah angin berubah, cuaca juga sering berubah, sehingga arah dasarnya dapat mengindikasikan perubahan cuaca. Alat arah mata angin ini biasanya dipasang di atap sebuah bangunan. Di sana angin tidak terpengaruh oleh benda-benda yang dekat dengan tanah. 

Anda dapat membuat penunjuk mata angin sederhana sebagai proyek tematik ilmu pengetahuan alam atau dekorasi taman, atau Anda dapat membuat model yang lebih tahan lama dari kayu yang menempel di atap atau tiang.

Langkah-langkah sederhana untuk membuat indikator arah mata angin menggunakan kertas adalah sebagai berikut::

1.  Buat potongan di ujung sedotan

Mulailah dengan memotong ujung sedotan ke samping sehingga terbentuk lubang di kedua ujungnya.

BACA JUGA:Tips Kesehatan Puasa Ramadan ala Dinkes Pandeglang, Jaga Tubuh Tetap Fit Selama Puasa

2. buat segitiga dan bujur sangkar dari kertas tebal

Gunakan kertas yang lebih tebal untuk membuat segitiga dan bujur sangkar. Segitiga akan menjadi penunjuk, dan kotak akan menjadi penopang segitiga.

3.  Tambahkan 2 lembar kertas ke potongan sedotan

Rekatkan segitiga dan bujur sangkar yang telah Anda buat pada kedua ujung sedotan yang dipotong. Pastikan segitiga menghadap ke arah yang benar sesuai dengan arah utara.

4.  Siapkan wadah berisi kerikil

Ambil wadah kecil dan isi dengan kerikil atau pasir. Wadah ini digunakan sebagai timbangan untuk menjaga kestabilan indikator arah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: