Jangan Malas, Ini Manfaat Olahraga Saat Puasa

Jangan Malas, Ini Manfaat Olahraga Saat Puasa

ilustrasi berolahrga saat puasa--iStock

INFORADAR.ID -Olahraga saat berpuasa tidak hanya aman dilakukan, tetapi juga memiliki manfaat yang signifikan bagi kesehatan fisik dan mental. 

Meskipun Anda mungkin mengalami penurunan energi selama puasa, tetapi tetap berolahraga dapat membantu menjaga kekuatan dan kebugaran fisik Anda. Latihan ringan dapat membantu mempertahankan massa otot dan fleksibilitas tubuh.

Olahraga yang teratur, seperti berjalan cepat, jogging ringan, atau bersepeda, dapat membantu menjaga kesehatan jantung Anda. Ini membantu meningkatkan sirkulasi darah, menjaga tekanan darah, dan meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Berolahraga saat berpuasa dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Ini membantu dalam proses pembakaran kalori lebih efisien dan dapat mendukung upaya menjaga berat badan yang sehat selama bulan puasa.

BACA JUGA:Ini Tiga Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga Selama Ramadan

Tidak hanya baik bagi tubuh fisik, olahraga saat berpuasa juga ternayat memliki manfaat untuk kesehatan mental. Sebab, olahraga juga dikenal sebagai cara yang efektif untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Selama bulan puasa yang mungkin penuh dengan tantangan dan perubahan pola tidur, olahraga dapat menjadi katalisator untuk merasa lebih baik secara mental.

Selain itu, olahraga juga dapat membantu mengatur nafsu makan Anda, sehingga Anda lebih cenderung memilih makanan yang sehat dan porsi yang sesuai saat berbuka puasa. Ini dapat membantu mencegah konsumsi makanan berlebihan dan menjaga keseimbangan nutrisi.

Dengan memperhatikan keamanan dan kesehatan Anda, pastikan untuk memilih waktu yang tepat untuk berolahraga selama bulan puasa, biasanya setelah berbuka puasa atau sebelum sahur

Selalu perhatikan tubuh Anda dan jangan memaksakan diri jika merasa lelah atau lemah. Konsultasikan dengan profesional kesehatan jika Anda memiliki kondisi kesehatan yang mungkin memerlukan penyesuaian rutinitas olahraga Anda selama bulan puasa. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: