6 Buah yang Disebutkan Dalam Al Quran, Ada Buah Surga yang Ternyata Sering Kita Makan

6 Buah yang Disebutkan Dalam Al Quran, Ada Buah Surga yang Ternyata Sering Kita Makan

Buah yang disebutkan dalam Al Quran--freepik/ stockgiu

INFORADAR.ID- tahukah Anda bahwa beberapa jenis buah disebutkan dalam Al Quran? Salah satunya adalah kurma, yang sering dijadikan oleh-oleh saat ibadah haji dan umrah. 

Buah yang disebutkan dalam Al Quran tentunya memiliki banyak keistimewaan, dan sebagian orang meyakini bahwa buah-buahan tersebut termasuk salah satu jenis buah yang tumbuh di surga. 

Mereka menyakini buah yang disebutkan dalam Al Quran buah-buahan tersebut nantinya dapat dinikmati oleh para ahli surga. Selain rasanya yang lezat, buah-buahan tersebut mengandung banyak manfaat bagi kesehatan.

Nah, apakah Anda tertarik dengan nama-nama buah yang disebutkan Allah dalam Al Quran? Berikut enam buah yang disebutkan dalam Al Quran dan manfaatnya bagi kesehatan.

Kurma

Buah pertama adalah kurma. Kurma sering disantap saat bulan puasa dan hari raya Idul Fitri, namun kurma bisa dijadikan camilan yang lezat setiap hari.

Kurma disebutkan sebanyak 20 kali dalam 16 surah yang berbeda di dalam Alquran, termasuk dalam ayat 25-26 Surah Maryam, yang diterjemahkan sebagai

“Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, maka pohon tersebut akan menggugurkan kurma yang masak kepadamu. Maka dari itu, makan, minum dan senangkanlah hatimu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka ucapkan lah, ‘Sesungguhnya aku telah berjanji berpuasa untuk Tuhan yang Maha Pemurah. Maka aku tak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari itu.”

Hal ini menunjukkan bahwa kurma memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, terutama bagi ibu hamil. Di antaranya memperlancar persalinan, mencegah pendarahan rahim, melancarkan ASI, mengobati kemandulan, memberikan energi agar anak tidak lemah atau lesu, dan mengimunisasi bayi.

Kurma juga cocok sebagai makanan pokok. Kurma adalah makanan yang paling disukai setelah berpuasa karena gulanya diserap dalam waktu 40-60 menit (dibandingkan dengan nasi yang membutuhkan waktu 5 jam untuk diserap), sehingga dapat memberikan tambahan energi dengan cepat.

Tin

Buah tin adalah buah lain yang disebutkan dalam Al-Quran. Nama buah tin ditemukan dalam ayat pertama:

Demi buah Tin dan Zaitun.” (QS. At-Tiin: 1)

Buah tin itu istimewa karena Allah telah bersumpah dalam ayat ini. Buah tin juga dipercaya sebagai salah satu buah yang ada di surga. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: