7 Penyakit yang Bisa Diatasi dengan Mengonsumsi Apel

7 Penyakit yang Bisa Diatasi dengan Mengonsumsi Apel

buah apel--Freepik @KamranAydinov

INFORADAR.ID - Apel bukan hanya buah yang lezat dan menyegarkan, tetapi juga sangat dihargai karena manfaatnya bagi kesehatan. Kaya akan serat, vitamin, mineral, dan antioksidan, apel merupakan bagian penting dari diet sehat di seluruh dunia.

Sebagai simbol kesehatan dan kesejahteraan, apel dicintai oleh banyak orang untuk menjaga kesehatan tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh. Selain itu, variasi apel yang ada di pasaran memungkinkan konsumen untuk menikmati rasa dan tekstur yang berbeda.

Namun, apel tidak hanya terkenal karena rasanya, tetapi juga karena manfaatnya bagi kesehatan. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi apel secara teratur dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, dan kanker.

Berikut adalah tujuh penyakit yang dapat diatasi dengan mengonsumsi apel:

1. Melawan penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer adalah penyakit di mana kemampuan kognitif menurun seiring bertambahnya usia. Buah yang mengandung quercetin yang berperan sebagai antioksidan aktif ini dapat melindungi sel-sel otak dari kerusakan akibat usia tua.

2. Pencegahan kanker

Menurut sebuah penelitian di Cancer Lett, fitonutrien dalam apel dapat membantu melindungi tubuh dari risiko kanker usus dan paru-paru. Selain itu, sejenis flavonoid yang terdapat dalam buah ini juga dapat membantu mencegah dan mengurangi risiko kanker pankreas. 

BACA JUGA:Kamu Harus Tahu, Jangan Gunakan Cuka Apel di Wajah Kalo Gak Mau Wajahmu Begini

Sementara itu, penelitian lain yang diterbitkan dalam Annals of Oncology menyatakan bahwa mengonsumsi apel secara rutin setiap hari dapat mengurangi kemungkinan terkena kanker payudara sebesar 18% dan kanker kolorektal sebesar 20%.

3. Menyeimbangkan kadar gula darah

Salah satu manfaat apel adalah menstabilkan kadar glukosa darah dalam tubuh. Secara tidak langsung, makanan sehat ini membantu mencegah diabetes dengan memperlambat pencernaan makanan dan aliran glukosa ke dalam darah. Hal ini terjadi berkat polifenol dalam buah beri, yang mencegah kerusakan sel beta dan jaringan pankreas. 

Sel beta adalah sel yang mengeluarkan hormon insulin, yang sering mengalami kerusakan pada diabetes tipe 2. Tidak hanya itu, serat makanan dalam buah-buahan juga memberi makan bakteri baik dalam usus. Efek ini dapat memberikan perlindungan lebih lanjut terhadap diabetes.

4. Mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: