Cara Daftar Mudik Gratis Idul Fitri 2024 Kereta Api Secara Online

Cara Daftar Mudik Gratis Idul Fitri 2024 Kereta Api Secara Online

Ilustrasi cara daftar mudik gratis Idul Fitri 2024.-ijeab-freepik.com

INFORADAR.ID - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan kembali menyelenggarakan program mudik gratis untuk Idul Fitri 2024, salah satunya menggunakan kereta api tahun ini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, program mudik gratis Idul Fitri 2024 ini akan dilaksanakan melalui jalur darat, laut, dan kereta api.

Program mudik gratis Idul Fitri 2024 diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, terutama sepeda motor.

Dilansir dari laman Kemenhub, Adita Irawati, Juru Bicara Kemenhub RI mengimbau masyarakat untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor karena risiko kecelakaan sangat tinggi.

Direktorat Jenderal Lalu Lintas dan Angkutan Jalan akan menyelenggarakan program 'Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk'.

BACA JUGA:Penetapan Puasa Ramadan 2024 Muhammadiyah dan Kemenag

Pendaftaran untuk program ini akan dibuka mulai tanggal 5 Maret hingga 3 April. Pemudik yang berminat dapat mendaftar melalui aplikasi Mitra Darat.

Untuk perjalanan dari dan ke daratan, Kementerian Perhubungan akan menyediakan 722 bus dengan kapasitas 30.088 penumpang dan 30 truk yang mengangkut 900 sepeda motor.

Perjalanan darat akan berlangsung pada tanggal 5 dan 7 April dan perjalanan balik pada tanggal 14 dan 15 April.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut kemudian bersiap untuk menyelenggarakan program 'mudik gratis dengan kapal laut untuk sepeda motor'.

Pendaftaran akan dibuka dari tanggal 3 hingga 17 April dan akan dialokasikan untuk 9.800 penumpang dan 4.800 sepeda motor.

BACA JUGA:Tips Bagi Ibu Menyusui untuk Menjaga Kesehatan Selama Puasa Ramadan

Terakhir, Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) akan menyelenggarakan program 'mudik gratis sepeda motor dengan kereta api'.

Tiket akan tersedia untuk pembelian mulai 4 Maret hingga 18 April.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenhub