8 Jurusan Ini Cuma Ada di Indonesia lho, Minat gak Nih

8 Jurusan Ini Cuma Ada di Indonesia lho, Minat gak Nih

Potret beberapa mahasiswa universitas --sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Ketika memilih jurusan saat mendaftar ke universitas, calon mahasiswa biasanya mempertimbangkan beberapa hal dan pasti ada kebingungan tersendiri yang akan dirasakan.

Ada yang memilih jurusan yang populer dan banyak peminatnya, ada juga yang memilih program studi yang jarang diketahui orang. Ada Bermacam-macam pada setiap orang.

Di antara sekian banyak pilihan jurusan di universitas, ada beberapa jurusan yang dianggap tidak biasa karena hanya ada di Indonesia.

Jurusan-jurusan ini menawarkan program studi yang unik dan cocok untuk siswa dengan minat khusus yang berbeda dari program studi tradisional pada umumnya.

1.  Quantity Surveyor (QS) / Ekonomi Konstruksi (Universitas Bung hatta, Sumatera Barat)

Spesialisasi ini bertanggung jawab untuk mengelola aspek keuangan dan kontrak dari proyek-proyek konstruksi. Hal ini mencakup estimasi biaya, pengendalian biaya dan manajemen kontrak untuk memastikan bahwa proyek tetap sesuai anggaran. Mereka juga dapat berpartisipasi dalam negosiasi kontrak, mengendalikan biaya, dan mengevaluasi perubahan yang mungkin terjadi selama proyek berlangsung. Pemahaman menyeluruh tentang konstruksi, penganggaran, dan hukum kontrak adalah keterampilan utama dalam profesi ini.

2.  Teknik Nuklir (Universitas Gajah Mada, DIY)

Teknik nuklir adalah cabang ilmu teknik yang berfokus pada aplikasi dan pengembangan teknologi nuklir. Hal ini melibatkan pemahaman dan pemanfaatan energi nuklir, termasuk penggunaan reaktor nuklir untuk pembangkit listrik, pengobatan kanker, dan berbagai aplikasi lainnya.

BACA JUGA:8 Jurusan Teknik Paling Banyak Dicari Perusahaan

3 Astronomi (Institut Teknologi Bandung, Jawa Barat)

Kurikulum ini termasuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Lulusan dari kurikulum ini diharapkan dapat menerapkan metode ilmiah yang mapan dengan menggunakan fisika, matematika, dan komputasi tingkat lanjut untuk memecahkan masalah astronomi dan astrofisika; mempelajari topik dan metode interdisipliner di bidang yang terkait dengan astronomi; misi masa lalu, masa kini, dan masa depan dalam ilmu pengetahuan dan penelitian; ketersediaan data ilmiah, dan komunitas terkait.

4.  Manajemen Properti dan Penilaian di (Universitas Sumatera Utara, Medan)

Jurusan ini merupakan program persiapan bagi mahasiswa untuk menjadi profesional di bidang manajemen dan penilaian properti. Fokusnya adalah pada pemahaman manajemen properti, termasuk aspek hukum, keuangan, dan strategis dari manajemen aset. Selain itu, mahasiswa juga diajarkan proses penilaian properti untuk menentukan nilai pasar, memahami faktor-faktor yang mempengaruhi nilai properti, dan aspek-aspek perpajakan yang relevan.

5.  Demografi dan Pencatatan Sipil (Universitas Sebelas Maret, Jawa Tengah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: