Hidupkan Kembali Potensi Wisata Bukit Cariang

Hidupkan Kembali Potensi Wisata Bukit Cariang

pemandangan saat camping di bukit cariang.-KKM 21 Untirta-

INFORADAR.ID - Wisata alam menjadi salah satu destinasi utama bagi pecinta alam. Wisata Bukit Cariang, yang terletak di Desa Cikedung, Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang Banten, menjadi salah satu wisata yang menarik untuk camping ground.

Memiliki pemandangan yang indah di atas bukit, wisata Bukit Cariang memiliki potensi besar untuk menjadi destinasi wisata yang menarik.

Wisata Bukit Cariang terletak tidak jauh dari Kantor Pusat Desa Cikedung.  Untuk sampai ke tempat tujuan, kamu hanya membutuhkan waktu 5 menit menggunakan sepeda motor. Tempatnya yang tidak begitu jauh, membuat wisata Bukit Cariang menjadi tempat favorit bagi wisatawan sebagai pilihan destinasi.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan saat di atas Bukit Cariang. Seperti, menikmati pemandangan alam dari spot-spot yang telah disediakan,  mengambil foto untuk diabadikan, menjelajah alam di sekitar Bukit Cariang, berkemah atau hanya berjalan melihat berbagai jenis flora dan fauna.

Namun, potensi wisata di suatu daerah bisa terabaikan jika tidak dikelola dengan baik Belakangan ini, Bukit Cariang menghadapi tantangan dalam hal pemeliharaan dan pengelolaan tempat yang tidak memadai serta akses jalan yang ekstrim.  

Bukan tanpa alasan, permasalah tersebut muncul akibat biaya pemeliharaan yang tidak memadai dan minimnya bantuan pendanaan untuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Untuk itu, Kelompok Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 21 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), mengambil inisiatif untuk mengembalikan potensi wisata Bukit Cariang.

BACA JUGA:Melihat Potensi Melimpah di Desa Padasuka

Sebanyak 17 mahasiswa mengajukan bantuan rancangan anggaran ke Dinas Pariwisata Kabupaten Serang. Mereka percaya bahwa dengan dukungan yang tepat, Bukit Cariang akan menjadi destinasi wisata yang menarik bagi wisatawan, sekaligus meningkatkan perekonomian lokal.

Menanggapi hal ini, Kepala Desa Cikedung Herman, menyambut baik inisiatif yang dilakukan oleh mahasiswa Untirta.

"Pengembangan wisata di desa kami menjadi prioritas untuk memperkuat ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujar Herman.

Mahasiswa dan Pokdarwis setempat, turut bekerjasama dalam melakukan kegiatan gotong royong, serta pemasangan petunjuk jalan, di area menuju Wisata Bukit Cariang. Kegiatan ini merupakan wujud nyata mahasiswa dalam upaya perbaikan dan pemeliharaan aksesibilitas menuju bukit ini. 

Ketua Pokdarwis Jaenal, yang bertanggung jawab atas pengelolaan Bukit Cariang, menyampaikan keyakinannya, bahwa dengan pengelolaan yang baik dan dukungan dari pemerintah setempat, Bukit Cariang dapat menjadi motor penggerak ekonomi di Desa Cikedung.

"Potensi wisata yang ramai akan membuka peluang kerja bagi warga lokal, seperti usaha makanan ringan, penyewaan tenda, dan berbagai layanan lainnya yang dibutuhkan oleh para pengunjung," katanya saat diwawancarai.

Dengan adanya Upaya tersebut, diharapkan dapat membuka jalan bagi pemulihan dan pengembangan potensi wisata Bukit Cariang. Serta menjadi contoh bagi daerah lain dalam memanfaatkan potensi alam untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

Melalui kerjasama antara masyarakat, kelompok mahasiswa dan pemerintah, diharapkan Bukit Cariang akan kembali bersinar sebagai salah satu destinasi wisata unggulan di Banten. (*) (KKM 21 Untirta)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: