Beyonce Artis Wanita Kulit Hitam Pertama yang Mencapai Nomor Satu dengan Lagu Country

Beyonce Artis Wanita Kulit Hitam Pertama yang Mencapai Nomor Satu dengan Lagu Country

Beyonce menjadi artis wanita kulit hitam pertama yang sukses menapaki nomor satu dengan lagu country.--youtube.com/@beyonce

INFORADAR.ID - Beyonce menjadi artis wanita kulit hitam pertama yang memuncaki tangga lagu Hot Country Songs Billboard dengan album debut Country-nya 'Texas Hold 'Em'.

'Texas Hold 'Em' milik Beyonce bertahan di No. 1 di tangga lagu country selama 20 minggu berturut-turut, menggeser lagu 'I Remember Everything' dari Zac Bryan dan Kacey Musgraves yang juga menduduki posisi teratas di Hot 100 tahun lalu.

Menurut Luminate, Beyonce didukung oleh streaming dan penjualan yang kuat dengan 'Texas Hold 'Em', yang mencatatkan 19,2 juta streaming dan 39.000 penjualan pada minggu lalu. Lagu ini juga menerima 4,8 juta impresi pendengar dari radio.

Lagu country Beyonce lainnya, "16 Carriages," merupakan hit terbesar kesembilan di Hot Country Songs. Lagu ini memiliki 10,3 juta streaming, 14.000 penjualan, dan 90.000 tayangan radio.

BACA JUGA:BLISSOO, Situs Web Jisoo BLACKPINK Dibuka Hari Ini

Setelah Beyonce secara mengejutkan merilis 'Texas Hold 'Em' dan '16 Carriages' selama Super Bowl minggu lalu, para penggemar dan orang dalam industri berspekulasi apakah musik tersebut akan diterima oleh industri musik country tradisional.

Label rekaman Beyonce, Columbia, minggu lalu mengumumkan bahwa mereka akan secara resmi memperkenalkan 'Texas Hold 'Em' ke radio-radio country, dan lagu ini mencapai nomor 54 di tangga lagu country, menandai masuknya lagu ini untuk pertama kalinya.

Dengan kesuksesan artis-artis seperti Mickey Guyton dan Brittney Spear baru-baru ini, Linda Martell membuka jalan bagi artis solo wanita kulit hitam pertama yang meraih kesuksesan dalam genre ini sejak 50 tahun lalu.

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh sejarah tangga lagu, negara ini masih didominasi oleh orang kulit putih dan sebagian besar laki-laki.

Meskipun ada penulis lagu seperti Alice Randall dan Tayla Parks yang pernah menulis lagu nomor satu, tidak ada penulis lagu wanita kulit hitam yang pernah menulis lagu country nomor satu hingga Luke Combs membuat lagu 'Fast Car' dari Tracy Chapman menjadi hit tahun lalu.

BACA JUGA:Jadi Kontroversi, Album Kanye West 'Vultures 1' Terus Dicoba untuk Ditarik dari Semua Platform

Tampaknya tidak luput dari perhatian industri bahwa wanita kulit hitam pertama yang menduduki puncak tangga lagu country bukanlah artis country tradisional, namun kesuksesan Beyonce mungkin menarik perhatian artis country kulit hitam lainnya yang telah berkarya di genre ini selama bertahun-tahun.

Tetap saja, terjunnya Beyonce lebih dalam ke musik country bukanlah hal yang mustahil. Artis asal Texas ini menunjukkan pengaruh country di awal karirnya bersama Destiny's Child dan kemudian sebagai artis solo dalam lagu-lagu seperti "Daddy Lessons".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: rollingstones.com