Culture Shock Mahasiswa Asal Thailand Kuliah di Banten

Culture Shock Mahasiswa Asal Thailand Kuliah di Banten

Mahasiswa uin banten asal thailand (kanan) saat podcast di radar banten podcast.-Gen RB-

INFORADAR.ID – Mahasiswa asal Pattani, Thailand culture shock saat pertama kali melanjutkan Pendidikan di Banten, Indonesia.

Shaifudin Latif, mahasiswa asal Thailand ini berkesempatan berkuliah disalah satu Universitas ternama di Banten.

Lelaki yang kerap disapa Azwar, berkesempatan kuliah di UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten, jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI).

Sebelumnya, Saifudin Latif mendapatkan tawaran dari salah satu guru di Pattani, untuk berkuliah di UIN Sultan Maulana Hasanudin Banten.

BACA JUGA:Fakultas Dakwah Kirim Tiga Dosen dan Tiga Mahasiswa Visiting Lecturer dan Student Mobility ke Thailand

Awalnya dirinya tidak mengetahui, namun setelah dijelaskan, jika UIN Banten berada di Indonesia, ia langsung  tertarik. Disamping itu, keluarganya pernah menjadi salah satu mahasiswa di Indonesia.

"Saya senang Indonesia karena keluarga punya sejarah di Indonesia, Ayah alumni Bandung dan Ibu Alumni Medan," Ujarnya dalam podcast Radar Banten pada Kamis, 15 Februari 2024.

Bukan hanya tawaran untuk berkuliah di UIN Banten saja, Azwar juga mendapatkan beasiswa dari UIN Banten. Program beasiswa dari UIN Banten di Pattani merupakan kali pertama dilaksanakan.

Dari beasiswa tersebut, selain bebas Uang Kuliah Tunggal (UKT), Azwar juga mendapatkan fasilitas seperti uang saku, asrama hingga sepeda listrik.

Walaupun orang tuanya memiliki sejarah di Indonesia, tetapi Azwar belajar dan lancar bahasa Indonesia dengan belajar otodidak.

Azwar menjelaskan, jika ada beberapa bahasa Indonesia yang tidak ia mengerti ketika mendengar obrolan teman-temannya. Tidak jarang, ucapan dosen pun tidak dimengerti olehnya.

Selain dosen, obrolan bersama teman, terkadang masih belum ia mengerti.

"Misalnya Azwar ngapain di kampus? saya bingung, ngapain itu apa, atau Azwar mau nginep? nginep itu apa," jelas Azwar sembari tertawa kecil.

Culture shock yang dirasakan azwar yaitu ketika ia memakan bakso. Pasalnya, bakso  di Thailand tidak memakai saus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: