Cara Buat Milk Bun, Roti Viral dari Thailand

Cara Buat Milk Bun, Roti Viral dari Thailand

Milk Bun, Roti Viral Asal Thailand--instagram/ @afteryoudessertcafe

INFORADAR.ID - Roti Milk Bun atau dikenal juga sebagai Roti Viral dari Thailand, saat ini ramai di media sosial dan di review oleh banyak selebgram.

Warnanya yang putih dengan memiliki tekstur lembut dan rasa manis, siapa yang tidak ngiler melihat Milk Bun viral dari Thailand ini? 

Untuk kamu yang ingin mencoba, gak perlu pergi jauh-jauh ke Thailand karena disini kami berikan resep Milk Bun Thailand yang bisa kamu buat di rumah. 

Yuk simak bersama!

Bahan-bahan

- 220 gram terigu protein tinggi

- 80 gram terigu protein sedang

- 45 gram gula pasir

- 15 gram susu bubuk

- 4 gram ragi instan

- 1 telur

- 150 ml susu cair dingin

- 30 gram Unsalted butter

- 4 gram garam

Isian

- Krim Isian

- 90 gram Unsalted butter

- 40 gram kental manis

- Secukupnya susu bubuk

- Secukupnya gula halus

BACA JUGA : Resep Cromboloni yang Mudah Bisa Bikin Sendiri di Rumah

Cara Buat 

1. Siapkan wadah besar masukkan tepung terigu protein tinggi, tepung terigu protein sedang, gula pasir, susu bubuk, dan ragi instan. Kemudian aduk sampai tercampur rata. 

2. Ambil telur dengan kondisi dingin, lalu tambahkan susu cair dingin, tuangkan susu sambil aduk semua bahan yang ada di dalam wadah. Campur semua bahan hingga menggumpal. 

3. Setelah dirasa menggumpal, maka lanjut uleni adonan menggunakan mixer atau tangan. Uleni hingga setengah kalis. 

4. Masukkan Unsalted butter, tambahkan garam, lanjut uleni adonan menjadi kalis dan elastis. 

5. Setalah adonan menjadi kalis dan terlihat halus dan elastis, ambil adonan dan bulatkan, letakkan di atas alas dan ingat agar tangan diberikan minyak. Kemdudian bagi adonan dengan ukuran yang sama. 

6. Lalu ambil sayu adonan kemudian bulatkan dan cubit-cubit bagian bawah untuk mengunci adonan lalu rapihkan. Lakukan hal yang sama untuk adonan lainnya. 

7. Susun adonan di atas loyang dengan kertas baking kemudian tutup dan diamkan sekitar 60-90 menit dan mengembang 2 kali lipat. 

8. Setelah adonan mengembang, maka siap di oven. 

9. Setalah oven sudah dipanaskan sebelumnya, panggang adonan di suhu 150-160 derajat celcius dengan api atas bawah selama 15 menit.

10. Setalah roti matang dengan atasnya sedikit kecoklatan lalu diangkat kemudian biarkan dingin.

11. Selanjutnya untuk membuat topping, siapkan wadah, masukkan unsalted butter, susu kental manis lalu mix sampai mengembang dan creamy.

12. Kembali ke roti, ambil roti secukupnya masukkan ke piring. Lubangi bagian atas roti dan buat rongga didalamnya. Masukkan isian krim kedalamnya. Oleskan topping di permukaan roti secara merata, dan taburkan susu bubuk dan gulas halus diatasnya.

13. Dan Milk Bun roti viral Thailand siap dinikmati.

Itu tadi resep membuat Milk Bun, roti viral asal cafe di Thailand ini bisa kamu jadikan sebagai cemilan dan dinikmati bareng kopi. Dijamin sedep!.(*)

BACA JUGA : Musim Hujan Gini Enaknya Makan yang Anget, Berikut Rekomendasinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: