Capres Cawapres Pemilu 2024 Paling Interaktif di TikTok

Capres Cawapres Pemilu 2024 Paling Interaktif di TikTok

Ilustrasi survei Capres Cawapres Pemilu 2024-Mohamed_hassan-pixabay.com

INFORADAR.ID - Menjelang Pemilu 2024, peran media sosial sebagai saluran informasi dan alat kampanye dipandang sangat penting. Salah satunya platform TikTok.

Para pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2024 juga telah merevitalisasi lanskap media sosial, termasuk TikTok, untuk menjangkau para pemilih, terutama pemilih muda.

Terkait hal ini, Profesor Agus Budiman dari Universitas Muhammadiyah Surabaya menjelaskan pada media pers, TikTok dapat digunakan untuk berkomunikasi melalui pasangan calon dan menyampaikan pesan secara langsung kepada masyarakat di Pemilu 2024 ini.

Agus Budiman menambahkan bahwa setiap pasangan calon dapat dengan mudah menciptakan citra yang ingin mereka ekspresikan melalui fitur TikTok Live.

BACA JUGA:8 Aplikasi yang Mirip dengan TikTok, Mudah dan Nyaman Digunakan

Dan baru-baru ini, lembaga analitik media sosial Drone Emprit mengumumkan bahwa keterlibatan melalui platform media sosial didefinisikan sebagai jumlah posting, jumlah like, dan interaksi. jumlah posting, komentar, share, dan view.

Hasilnya menunjukkan bahwa pasangan nomor urut dua Prabowo Subianto - Jibran Lakabumin Raka mendapatkan engagement paling banyak di TikTok dengan 376 juta.

Data ini diperoleh dengan kata kunci prabowo, prabowosubianto, gibran, gibranrakabuming dan prabowogibran2024.

Drone Emplit juga menganalisis emosi ketiga calon wakil presiden setelah debat capres keempat yang diadakan kemarin (Minggu 21 Januari 2024).

BACA JUGA:Alogaritma TikTok 2024 Agar Viral dan FYP

Hasilnya menunjukkan bahwa Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mendapatkan sentimen positif tertinggi, sedangkan Gibran mendapatkan sentimen negatif tertinggi.

Menurut analisis Drone Emplit, ada beberapa alasan mengapa cawapres nomor urut dua ini menerima banyak komentar negatif dari netizen.

Salah satunya adalah netizen mengkritik Gibran yang dianggap melanggar aturan saat meninggalkan podium.

Gibran juga mendapat banyak kritikan karena diduga mengejek cawapres nomor urut 3 Mahfud MD saat debat pilpres keempat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pers.droneemprit.id