Hobi Berkebun? Inilah Manfaat yang Akan Dirasakan

Hobi Berkebun? Inilah Manfaat yang Akan Dirasakan

Potret seseorang yang sedang berkebun --Freepik @vecstock

INFORADAR.ID - Berkebun bukan hanya sekedar hobi, berkebun adalah kegiatan yang menyenangkan dengan manfaat fisik, mental dan lingkungan.

Ada banyak manfaat berkebun termasuk relaksasi, meningkatkan kesehatan mental dan kesempatan untuk berhubungan dengan alam. Berkebun juga dapat menjadi sumber produk segar, menghilangkan stres dan meningkatkan keterampilan merawat tanaman secara praktis.

Berkebun juga dapat menjadi sarana untuk mengembangkan tanggung jawab, kesabaran dan kreativitas. Proses menanam, merawat dan melihat tanaman tumbuh memberikan rasa pencapaian dan kepuasan, serta membangun rasa percaya diri.

Artikel ini menguraikan banyak manfaat dari menanam dan merawat taman.

1. Meningkatkan kesehatan fisik  

Berkebun melibatkan aktivitas fisik seperti merapikan kebun, menggemburkan tanah dan menyiram tanaman. Hal ini dapat meningkatkan kekuatan otot, daya tahan dan fleksibilitas. Selain itu, berkebun membuat orang terpapar sinar matahari, yang menghasilkan vitamin D, yang penting untuk kesehatan tulang.

2. Mengurangi stres dan kecemasan  

Berkebun telah terbukti dapat mengurangi tingkat stres dan kecemasan. Suara alam, warna-warni bunga dan aroma tanaman memiliki efek relaksasi dan meningkatkan suasana hati.

BACA JUGA:Manfaat Aktivitas Berkebun untuk Kesehatan, Salah Satunya Turunkan Risiko Kanker

3. Pendidikan dan pembelajaran   

Berkebun memberikan kesempatan untuk belajar tentang siklus hidup tanaman, ekologi, dan prinsip-prinsip pertanian. Ini adalah cara praktis untuk belajar lebih banyak tentang alam dan lingkungan yang melibatkan seluruh keluarga.

4. Keterlibatan sosial  

Berkebun dapat menjadi kegiatan sosial yang menyatukan orang-orang. Berbagi tips, tanaman dan hasil panen dengan tetangga dan teman dapat memperkuat hubungan sosial dan mengembangkan rasa kebersamaan.

5. Melindungi lingkungan   

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: