Air Dingin Bisa Bikin Gemuk, Mitos Atau Fakta?

Air Dingin Bisa Bikin Gemuk, Mitos Atau Fakta?

Potret Air Minum Dingin--freepik

INFORADAR.ID - Indonesia sebagai salah satu negara tropis, sering kali dihadapkan pada cuaca panas yang menyengat akibat terik matahari. 

Itulah mengapa orang Indonesia suka minum air dingin karena meredakan dahaga dan kesegaran.

Namun, ketika ingin menurunkan berat badan, kita mungkin mendengar saran bahwa mengonsumsi minuman dingin dapat menjadi penyebab berat badan naik. 

Namun, apakah benar bahwa minum air dingin bisa membuat gemuk? atau hanya mitos belaka? 

Berikut ini kami berikan informasi lengkap seputar mitos atau fakta tentang air dingin bisa bikin gemuk.

Penting untuk diingat bahwa air, apakah dalam bentuk dingin, panas, atau pada suhu netral, sejatinya tidak mengandung kalori. 

Ketika kita meminum air dingin atau panas, suhu air tersebut akan dinetralkan oleh tubuh kita, dan hal ini tidak akan berpengaruh terhadap jumlah lemak yang kita miliki. 

Lebih dari itu, proses netralisasi ini bahkan dapat membantu dalam pembakaran kalori.

BACA JUGA : Dokter Ini Sebut Air Kelapa Dahsyat Manfaatnya, Tapi Jangan Lakukan Ini

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism, minum air dingin tidak akan membekukan lapisan lemak, karena sebenarnya air dingin akan meningkatkan suhu tubuh. 

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa, selama minuman yang kamu pilih adalah air putih tanpa tambahan kalori, seperti minuman manis atau yang tinggi kalori, tidak perlu khawatir bahwa berat badan akan bertambah karena minuman dingin. 

Air dingin atau air panas sendiri tidak mengandung kalori, dengan komposisi seperti 0 gram karbohidrat, 0 gram lemak, dan 0 gram protein. 

Terlebih lagi, air juga dapat mengandung mineral dan vitamin bergantung pada sumbernya.

Minuman dingin baru akan berpotensi menyumbang pada penambahan berat badan jika minuman tersebut tidak hanya mengandung air, melainkan juga bahan tambahan seperti soda, jus buah, atau teh yang tinggi kalori. 

Oleh karena itu, penting untuk selalu memeriksa kandungan kalori dalam minuman dan memilih opsi yang lebih sehat. 

Dengan demikian, dapat diambil kesimpulan minuman dingin bisa membuat seseorang gemuk atau bertambah berat badannya adalah mitos. (*)

BACA JUGA : Kunyit Bisa Jadi Penawar Racun dan Menstabilkan Gula Darah? Simak Penjelasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: