Banyak Orang yang Ingin Bercerita Kepadamu? Begini Cara Agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Banyak Orang yang Ingin Bercerita Kepadamu? Begini Cara Agar Bisa Menjadi Pendengar yang Baik

Potret orang yang sedang mengobrol dan bercerita.-@freepik-

INFORADAR.ID – Buat kalian yang sering menjadi sandaran bagi teman-teman kalian untuk bercerita, kalian wajib melakukan beberap tip agar bisa menjadi pendengar yang baik.

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering terjebak dalam kesibukan dan dinamika komunikasi. Namun, menjadi pendengar yang baik adalah keterampilan yang sering diabaikan oleh banyak orang.

Hal ini tentunya memiliki pengaruh yang dapat memberikan dampak signifikan pada hubungan yang lebih sehat dan produktif. 

Menjadi pendengar yang baik bukan hanya sebuah keterampilan, tetapi juga komitmen untuk memberikan perhatian sepenuh hati kepada orang-orang di sekitar diri kita. 

Mendengar pendengar yang baik juga dapat membuka pintu komunikasi yang lebih dalam dan memperkaya kualitas hubungan interpersonal.

Dengan begitu, menjadi pendengar yang baik ini tentunya akan membentuk seperti apa diri kamu, sehingga orang yang bercerita kepadamu akan menaruh kepercayaan, sehingga dia akan merasa nyaman dengan kamu.

Untuk menjadi pendengar yang baik, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut, seperti:

1. Memahami Bahasa Tubuh

Sebagian besar komunikasi bersifat non-verbal. Hal ini tentunya sangatlah penting untuk memahami gaya tubuh yang bisa memperlihatkan gambaran apa yang tengah terjadi pada lawan bicaramu. 

Lakukanlah kontak mata dan perhatikan perubahan kontak mata orang yang tengah ada di dahadapanmu yang sedang berbicara dengan kamu. 

Perhatikan postur tubuh dan ekspresi wajah orang lain, perhatikanlah dnegan baik apakah ada hal ganjal dan perubahan yang terjadi. 

Jika kamu melihat perbedaan, tanyakan kembali atau pastikanlah ulang apa yang diucapkanna, di mana hal itu artinya kamu tengah memberikan perhatian kepada orang tersebut.

BACA JUGA:4 Skill Komunikasi yang Wajib Kamu Pelajari, Dijamin Public Speaking Jadi Lancar

2. Dengarkan Dengan Penuh Perhatian 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: