Intip Keindahan Desa Sawarna, Wisata Pandeglang dengan Hamparan Sawah yang Terletak di Pinggir Pantai

Intip Keindahan Desa Sawarna, Wisata Pandeglang  dengan Hamparan Sawah yang Terletak di Pinggir Pantai

Desa Sawarna--excitingbanten.id

INFORADAR.ID - Jika kamu mendengan tentang Sawarna, apa yang akan kamu pikirkan? Salah satu wisata Pandeglang yang terkenal dengan pantai putih dan air yang masih jernih? 

Taukah kamu? tak hanya pantai yang ada di wisata Pandeglang, Sawarna juga memiliki desa yang mempesona dan mampu menarik hati wisatawan bahkan hingga mancanegara. 

Yes, wisata Pandeglang ini disebut Desa Sawarna. Desa ini juga dijuluki sebagai primadona Banten karena pemandangannya yang membuat banyak orang terpukau. 

Desa Sawarna terletak di tepi pantai yang menawan di Kabupaten Lebak, Banten, sekitar 200 km dari Jakarta, dan dikenal sebagai destinasi desa wisata yang memadukan keindahan alam pedesaan dan kearifan lokal. 

Desa ini memiliki potensi alam meliputi pantai yang panjang, gua-gua, hutan, pertanian, kerajinan tangan, dan sajian masakan lokal.

Wisata utama  di Desa Sawarna terletak di Desa Cikoneng yang dapat diakses melalui jembatan gantung di atas sungai. 

Desa ini membangun penginapan sepanjang labirin jalan sempit dan berkelok-kelok, berupa cottage dengan kamar-kamar yang dapat disewa untuk tempat istirahat. 

Salah satu pantai terpopuler di Desa Sawarna adalah Pantai Pasir Putih, terletak 2 kilometer dari Desa Cikoneng.

Pantai ini menawarkan pasir putih halus dan deburan ombak panjang Laut Selatan, dengan panorama matahari terbenam yang dapat dinikmati saat senja tiba.

BACA JUGA : Tempat Wisata Pandeglang Baru 2024, Setitik Surga yang Jatuh di Pulosari

Pantai Goa Langir di Desa Sawarna menggabungkan gua dengan keindahan pantai yang tenang. 

Disebut sebagai 'Gua Seribu Candi' karena gua-gua dihiasi stalaktit menyerupai stupa Candi Borobudur, pantai ini juga memiliki pantai air pusaran yang indah dikelilingi oleh tebing.

Selain keindahan alam, Desa Sawarna menyajikan atraksi buatan manusia seperti Sawarna Best Festival, wisata hutan, kegiatan budaya dan seni, Seni Calung, serta kesenian Pencak Silat. 

Dikenal sejak tahun 90-an, ketika peselancar mancanegara datang mencari ombak yang sempurna dari Pelabuhan Ratu, pariwisata Desa Sawarna terus berkembang pesat.

Desa Sawarna bukan hanya tempat yang terintegrasi, tetapi juga menawarkan keindahan yang beragam. 

Satu hari tidak cukup untuk menikmati semua yang ditawarkan Desa Sawarna. 

Asal nama "Sawarna" sendiri berasal dari nama anak pertama yang tinggal di desa ini, Raden Sawarna, atau menurut teori lain, merupakan istilah yang diberikan kepada beberapa desa saat menyajikan kue berwarna-warni dalam suatu hajatan.

Kue-kue yang berwarna tersebut menjadi identik dengan nama Sawarna.

Itulah keindahan dan berbagai macam wisata yang dimilki wisata Pandeglang Desa Sawarna.(*)

BACA JUGA : Dikenal Sebagai Pulau Tak Berpenghuni, Wisata Pandeglang Pulau Oar Bakal Bikin Kamu Terpikat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: