Sering Merasa Stres Setiap Hari? Lakukan 10 Langkah Mudah Berikut Ini

Sering Merasa Stres Setiap Hari? Lakukan 10 Langkah Mudah Berikut Ini

Potret orang yang sedang mengalami Stres.-Freepik/@creativert-

INFORADAR.ID – Lakukan beberaoa hal berikut ini untuk Anda yang seringkali merasa stress setiap hari, begini lengkapnya.

Stres merupakan salah satu gejala psikologis yang biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari, merupakan respons kompleks terhadap tekanan dan tuntutan yang melebihi kemampuan individu untuk mengatasinya. 

Stres yang juga merupakan bagian tak terhindarkan dari kehidupan sehari-hari manusia, muncul dalam berbagai bentuk dan tingkat intensitas yang berbeda, yang memengaruhi kesehatan mental dan fisik. 

Mulai dari tekanan pekerjaan hingga perubahan besar dalam hidup, stres dapat berdampak signifikan terhadap kualitas hidup dan kesehatan secara keseluruhan. 

Dengan mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang sifat stres, orang dapat mengembangkan strategi untuk mengelola stres dan mengurangi efek negatifnya, menciptakan lingkungan yang lebih seimbang dan mendukung pengembangan pribadi. 

Dalam konteks ini, penting untuk mengeksplorasi akar penyebab stres, gejalanya dan teknik yang efektif untuk mengatasi stres untuk meningkatkan kesejahteraan secara holistik. 

Berikut merupakan 10 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menoba untuk menghilangkan rasa stress yang kerap kali Anda alami, seperti:

BACA JUGA:Cara Mengatur Stress yang Sangat Penting Diperhatikan, Cocok untuk Para Lansia

1. Bermeditasi

Bermeditasi setidaknya 15 hingga 30 menit setiap hari secara fisik mengubah otak, membuatnya tidak terlalu cemas, lebih logis dan berempati. Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa meditasi meningkatkan konsentrasi dan kualitas tidur.

Empat waktu terbaik untuk bermeditasi adalah di pagi hari, Saat Anda sedang stres, saat istirahat makan siang, dan setelah bekerja.

Bermeditasi sebelum tidur tidak disarankan karena akan membuat Anda rileks dan membuat Anda tertidur. Meditasi harus membuat Anda tetap terjaga.

2. Yoga

Selain meningkatkan kekuatan dan fleksibilitas, yoga juga mengubah otak. Selain mengurangi stres, kecemasan dan depresi, penelitian telah menunjukkan bahwa yoga mencegah penyusutan otak yang berkaitan dengan usia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: