Diretas Hacker, Giveaway iPhone Murah Akun IG Dinkes Pandeglang Masih Belum Normal

Diretas Hacker, Giveaway iPhone Murah Akun IG Dinkes Pandeglang Masih Belum Normal

Akun Instagram milik Dinkes Pandeglang posting giveaway iPhone 14 Pro Max diretas hacker-tangkapan layar @dinkes.pandeglang-

INFORADAR.ID – Akun media sosial (Medsos) resmi Instagram milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang yang diretas oleh orang yang tidak bertanggungjawab sampai saat ini masih belum bisa pulih kembali.

Perlu diketahui, bahwa dalam akun Instagram milik Dinkes Pandeglang @dinkes.pandeglang memposting giveaway iPhone 14 Pro Max. Padahal dalam Dinkes Pandeglang tidak ada program itu dan bisa dipastikan hoaxs.

Dalam postingan tersebut tertera tulisan caption akun @dinkes.pandeglang dengan postingan giveaway dengan tebus murah iPhone 14 Pro Max khusus untuk 3 orang tercepat dengan biaya penebusan dibandrol sebesar Rp 8.888.000/pcs padahal harga resminya sekitar Rp 27 juta.

Bukan hanya disitu saja, bahkan bagi netizen yang memberikan like dan follow akun tersebut, kemudian muncul nomor WhatsApp yang bisa dihubungi.

Dikutip dari RADARBANTEN.CO.ID terkait postingan tersebut, Kepala Dinas Komunikasi Informatika Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang, Tb. Nandar Suptandar mengatakan, bahwa postingan giveaway iPhone 14 Pro Max pada akun Instagram milik Dinkes Pandeglang terkena retas oleh orang yang tak bertanggungjawab, dipastikan postingan tersebut tidak benar alias hoaks

"Iya benar terkena hacker," katanya melalui pesan WhatsApp kepada RADARBANTEN.CO.ID, Senin 15 Januari 2024.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Eni Yati menyampaikan bahwa postingan giveaway iPhone 14 Pro Max di akun Instagram milik Dinkes Pandeglang masih ada belum hilang atau normal kembali.

"Oh iya sampai kemarin saya lihat memang masih ada, iya postingan nya masih ada," katanya.

Eni Yati melanjutkan, mengenai persoalan tersebut masih menunggu informasi dari bagian humas, yang pasti itu masih dalam proses perbaikan.

"Yang pasti itu segera diurus, ibu mengintruksikan ke bagian humas segera diperbaiki agar akun kita bisa pulih lagi," ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa kejadian peretasan tersebut baru yang pertama kalinya terhadap akun medsos resmi milik Dinkes Pandeglang. 

"Kalau peretasan oleh hacker ini baru pertama kalinya, tapi kalo akun milik pribadi ibu sendiri udah sering," jelasnya.

Ia menambahkan, dengan adanya postingan giveaway iPhone 14 Pro Max tersebut, masyarakat sudah tahu bahwa hal itu dilakukan bukan oleh Dinkes Pandeglang tetapi oleh hacker.

"Ibu sendiri enggak begitu komen mengenai postingan itu, yang pasti masyarakat pada tahu kalau giveaway itu bukan dari Dinkes Pandeglang," tuturnya sambil tertawa karena postingan yang memang tidak masuk akal tersebut. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: