Hindari 5 Makanan Ini saat Malam Hari Sebelum Tidur

Hindari 5 Makanan Ini saat Malam Hari Sebelum Tidur

Potret seseorang yang makan di malam hari --sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Makanan yang dimakan sebelum tidur memiliki dampak yang signifikan terhadap kualitas tidur dan kesehatan secara keseluruhan.

Makanan tertentu dapat mengiritasi sistem pencernaan, meningkatkan tingkat energi, menyebabkan ketidaknyamanan pada perut dan mengganggu tidur nyenyak.

Dalam artikel ini, kita akan melihat lima jenis makanan yang harus dihindari ketika malam hari dan sebelum tidur agar tidur lebih nyenyak dan tubuh Anda tetap sehat.

1. Makanan tinggi lemak

Makanan tinggi lemak memperlambat pencernaan, meningkatkan risiko refluks asam lambung dan mengganggu tidur. Daging berlemak, saus krim, dan makanan cepat saji harus dihindari karena dapat menyebabkan rasa berat pada pencernaan dan ketidaknyamanan saat berbaring.

2. Kafein

Minuman dan makanan yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan cokelat harus dihindari sebelum tidur. Kafein merangsang sistem saraf pusat, meningkatkan detak jantung dan membuat Anda sulit tidur. Disarankan untuk menghindari kafein setidaknya beberapa jam sebelum tidur.

BACA JUGA:Sebelum Tidur Coba Yoga Posisi Kaki Naik ke Dinding, Rasakan Manfaatnya

3. Makanan pedas.

Makanan pedas merangsang sekresi asam lambung dan dapat menyebabkan gangguan pencernaan. Konsumsi makanan pedas menjelang waktu tidur dapat menyebabkan refluks asam lambung, yang dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan gangguan tidur.

4. Makanan tinggi gula

Makanan tinggi gula menyebabkan kadar glukosa darah naik dengan cepat dan turun dengan cepat pula. Hal ini dapat menyebabkan Anda terbangun di tengah malam karena merasa lapar atau tidak nyaman. Hindari makanan manis dan minuman bersoda sebelum tidur.

5. Alkohol

Alkohol membuat Anda mengantuk pada awalnya, tetapi minum sebelum tidur akan mengganggu siklus tidur dan menyebabkan Anda terbangun di tengah malam. Alkohol dapat memperbesar amandel dan jaringan tenggorokan, menyebabkan kesulitan bernapas, dan memengaruhi kualitas tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: