Mengonsumsi Ikan Gabus Dapat Membentuk Otot? Ini Penjelasannya

Mengonsumsi Ikan Gabus Dapat Membentuk Otot? Ini Penjelasannya

Menu masakan dengan ikan gabus -Istock-

INFORADAR.ID - Mengonsumsi ikan Gabus ternyata dapat membentuk otot. Manfaat itu dapat dirasakan tubuh karena kandungan yang baik dari ikan khas air tawar tersebut. 

Sudah tidak dipungkiri lagi, ikan gabus merupakan salah satu makanan yang banyak manfaatnya untuk tubuh. Manfaat yang sering terdengar dari mengonsumsi ikan gabus adalah mempercepat penyembuhan luka.

Namun selain dapat mempercepat penyembuhan luka, mengonsumsi ikan gabus juga dapat membentuk otot. Hal tersebut dikarenakan, ikan gabus memiliki kandungan protein yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Protein yang ada dalam daging ikan gabus bahkan lebih tinggi dibanding dengan kadar protein yang terdapat pada ikan lele maupun pada ikan mas atau pun ikan air tawar lainnya.

Dari seratus gram daging ikan gabus mengandung 25,2 gram protein. Jumlah protein tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan ayam yang hanya 18,2 gram, daging sapi 18,8 gram atau pun telur yang hanya hampir 13 gram. Nah, karena protein itulah, bisa membantu dalam proses pembentukan otot pada tubuh.

Selain pembentukan otot, mengonsumsi ikan gabus juga dapat menyehatkan pencernaan. Hal itu dikarenakan daging ikan gabus lebih empuk sehingga mempermudah proses pencernaan.

Ikan gabus sendiri diketahui memiliki protein kolagen yang lebih rendah dibanding kadar protein yang terkandung pada daging seperti sapi atau pun hewan ternak lainnya.

Manfaat lain ketika mengonsumsi daging ikan gabus juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Penyakit yang dapat disembuhkan dari mengonsumsi ikan gabus tersebut diantaranya hepatitis, infeksi paru-paru, diabetes, tipes, stroke, autis dan gizi buruk pada anak.

Dengan mengonsumsi hanya 100 gram ikan gabus sudah cukup memenuhi kebutuhan gizi untuk anak-anak maupun bayi. 

Selain manfaat-manfaat tersebut, mengonsumsi ikan gabus juga bisa mengatasi masalah pembekakan pada tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu, masih ada manfaat yang lain dari mengonsumsi ikan gabus.

Artikel tersebut telah ditayangkan https://diskan.kutaibaratkab.go.id dengan judul: 10 Manfaat Ikan Gabus Untuk Kesehatan. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: