Masih Percaya Mitos? Ini 6 Mitos Jawa yang Berhubungan dengan Hal Mistis

Masih Percaya Mitos? Ini 6 Mitos Jawa yang Berhubungan dengan Hal Mistis

Potret burung Gagak yang ada di atas rumah merupakan mitos jawa.-freepik/@wirestock-

INFORADAR.ID - Berikut merupakan beberapa mitos Jawa yang berkaitan dengan hal-hal mistis, perlu kamu ketahui.

Budaya Jawa yang telah dilestarikan secara turun-temurun hingga saat ini, telah mempengaruhi kehidupan masyarakat di Indonesia, seperti halnya legenda-legenda Jawa berupa hal mitos yang masih dipercaya hingga saat ini.

Budaya Jawa memang penuh dengan mitos dan legenda, sampai-sampai banyak orang yang percaya bahwa jika kamu melakukan yang menjadi hal mitos, maka kamu akan dicap pamali. 

Mitos-mitos yang beredar itu tentunya mengandung banyak filosofi yang dibuat oleh para leluhur di masa lalu hingga sekarang ini.

Mitos merupakan salah satu warisan yang berupa cerita lisan, baik tentang dewa, hewan, manusia dan sebagainya, sehingga hal itu biasanya digunakan untuk sekedar menakuti anak-anak. 

Anak-anak juga sering menjadi sasaran larangan-larangan yang tidak masuk akal dari orang tua zaman dlu. Banyak dari mitos-mitos Jawa ini yang justru sesuai dengan faktanya.

Berikut merupakan beberapa mitos Jawa berbau mistis yang masih bertahan hingga saat ini, antara lain:

1. Ke Luar Rumah di Maghrib Diculik Wewe Gombel

Orang tua zaman dulu sering mempercayai mitos ini. Mitos ini melarang anak-anak meninggalkan rumah saat matahari terbenam.

Mereka percaya bahwa setelah gelap adalah waktunya untuk beristirahat di dalam rumah, sehingga tidak diperkenankan untuk anak-anak ke luar rumah di waktu magrib.

Mitos ini sering digunakan oleh para orang tua untuk meminta anak-anak mereka kembali ke rumah dan bermain game begitu waktu makan malam tiba.

BACA JUGA:Percaya Atau Tidak, Gangguan Mistis di Gunung Pasti Ada! Lakukan Hal Ini Agar Kamu Bisa Terhindar

2. Bersiul di Malam Hari Dapat Mengundang Setan

Kamu mungkin pernah bersiul di malam hari tanpa sadar. Kemudian kamu dihukum oleh orang yang lebih tua. Mereka mengatakan bahwa bersiul di malam hari dapat mengundang setan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: