Deretan Panelis Debat Cawapres 2024, Gelar Pendidikan Mereka Bikin Takjub

Deretan Panelis Debat Cawapres 2024, Gelar Pendidikan Mereka Bikin Takjub

Dokumentasi debat Pilpres 2024 beberapa waktu yang lalu.-kpu.go.id-

INFORADAR.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengumumkan 11 panelis untuk debat calon wakil presiden yang pertama atau debat Cawapres 2024.

Debat Cawapres 2024 akan diselenggarakan pada hari Jumat, 22 Desember di Jakarta Convention Centre (JCC).

Dari 11 nama yang diumumkan, sebagian besar panelis debat Cawapres 2024 adalah ekonom dan akademisi dari berbagai universitas dan lembaga penelitian di Indonesia.

Tema debat Cawapres 2024 ini adalah ekonomi. Ekonomi Nasional, Ekonomi Digital, Keuangan, Investasi Keuangan, Perdagangan, Pengelolaan APBN, Infrastruktur dan Perkotaan.

BACA JUGA:Liviana Cherlisa, Mantan Miss Indonesia yang Menjadi Moderator Debat Cawapres 2024

Tidak mengherankan jika mayoritas panelis memiliki latar belakang di bidang ekonomi.
Berikut ini adalah daftar singkat yang dihimpun dari berbagai sumber mengenai deretan panelis debat Cawapres 2024.

1. Yose Rizal Damuri
Dosen Universitas Indonesia (UI), Sarjana Ekonomi dari UI. Gelar Master di bidang Ekonomi Pembangunan dari Australian National University (ANU), Canberra. Gelar Master di bidang Ekonomi Internasional dari Institute of International Studies (HEI), Jenewa, Swiss.

2. Tauhid Ahmad
Spesialisasi Tauhid Ahmad di bidang tata kelola pemerintahan dan keuangan fiskal, desentralisasi fiskal dan pemerintahan daerah, pertanian, industri dan perdagangan internasional.

BACA JUGA:Mengenal Jakarta Convention Center, Lokasi Debat Cawapres 2024

3. Suharnomo
Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro ini memiliki spesialisasi di bidang manajemen sumber daya manusia.

4. Retno Agustina Ekaputri
Lahir pada tanggal 3 Agustus 1962. Sarjana dari Universitas Gadjah Mada (1985). Retno memiliki Gelar Master (1988) dan PhD (1996) dari University of Tennessee di Knoxville, Amerika Serikat.

5. Poppy Ismalina
Anggota EuroSEAS International dan Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI). Sarjana Ekonomi dari Universitas Gadjah Mada (1995). Gelar Master di bidang Ekonomi Pembangunan dari Australian National University. Gelar PhD dari University of Groningen, Belanda.

BACA JUGA:Live Malam Ini, Simak Poin Bahasan Pada Debat Cawapres 2024

6. Hyronimus Rowa
Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Inovasi IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri) ini diangkat sebagai Guru Besar Ilmu Pemerintahan pada akhir September tahun lalu.

7. Hendri Saparini
Beliau adalah anggota Dewan Nasional Industri dan Ekonomi dari tahun 2016 hingga 2019, melapor kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lahir pada tanggal 16 Juni 1964, Sapalini juga merupakan anggota Komite Pengembangan Jasa Keuangan Syariah OJK.

8. Fauzan Ali Rasyid
Dekan Fakultas Hukum Syariah UIN Sunan Gunung Jati Bandung; lahir 1 Februari 1970. Dirinya merupakan mantan Direktur Pusat Studi Pembangunan Politik dan Demokrasi (PSP2D).

BACA JUGA:2464 Personel Mengamankan Debat Cawapres 2024, Kapolres: Harus Profesional dan Humanis

9. Agustinus Prasetyantoko
Ekonom dan rektor Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya periode 2015-2023. Spesialisasinya di bidang ekonomi ilmiah.

10. Adhitya Wardhono
Ekonom dan dosen di Fakultas Ekonomi Universitas Jember. Meraih gelar sarjana dari Universitas Jember di Jerman dan gelar master dari Philips University di Marburg. Beliau menyelesaikan gelar doktornya di Georg-August-Universität Göttingen.

11. Alamsyah Saragih
Alamsyah Saragih dianggap sebagai ahli dalam bidang transparansi publik. Beliau juga memiliki karir yang panjang di organisasi masyarakat sipil, termasuk Asosiasi Pembayaran Koperasi (ASPEK) dari tahun 2002 hingga 2008, Initiative for Local Governance (ILGR) dan Bank Dunia.

Itulah deretan panelis debat Cawapres 2024 yang merupakan pakar pada bidangnya ekonomi atau memiliki spesialisasi yang mumpuni dan bisa membuat takjub. (*)

BACA JUGA:Link Live Streaming Debat Cawapres Pemilu 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: