Tradisi Perayaan Natal yang Penuh Makna, Khas Nusantara Bangettt

Tradisi Perayaan Natal yang Penuh Makna, Khas Nusantara Bangettt

Potret pementasan Wayang Wahyu perayaan natal di yogyakarta.-kemenparekraf.go.id-

INFORADAR.ID – Berikut merupakan beberapa perayaan hari Natal khas ala nusantara dengan perayaan yang penuh makna dan memiliki ciri khas tertentu.

Hari Natal tidak akan lama lagi, di mana hari Natal ini merupakan salah satu hari besar bagi umat kristus, di mana ini merpaka hari peringatan kelahiran Yesus Kristus.

Hari Natal ini diperingati setiap tahunnya pada tanggal 25 Desember yang selalu dirayakan dengan meriah dan dicirakan dengan banyaknya hiasan di pohon Natal, berupa pohon pinus dan juga pohon cemara.

Terdapat beberapa perayaan yang khas di Indonesia ini yang sangat menarik perhatian yang biasa dilakukan oleh para penganut kristus, seperti:

Kunci Taon, Sulawesi Utara

Salahs atu tradisi Natal di Indonesia salahs atunya adalah Kunci Taon. Umumnya ditemukan di kota Manado di Sulawesi Utara.

Tradisi Natal ini secara harfiah berarti 'menutup tahun'. Tradisi Natal di Manado ini secara resmi dimulai pada awal bulan Desember.

Tradisi ini dimulai dengan serangkaian kebaktian di gereja, diikuti dengan ziarah ke makam kerabat untuk memberikan doa. 

Uniknya, sebagian besar warga Manado memasang lampu hias di makam selama ziarah. Namun, perayaan Natal hanya mencapai puncaknya pada hari Minggu pertama di bulan Januari. 

Tradisi Kunci Taon berpuncak dan dititp pada pawai dengan kostum-kostum yang unik dengan berjalan berkeliling secara ramai-ramai.

BACA JUGA:Rekomendasi Kado Natal yang Bermanfaat untuk Orang Tersayang

Malbinda dan Marhobas, Sumatera Utara

Masyarakat Batak Toba di Sumatera Utara juga memiliki tradisi Natal yang menarik yang disebut Malbinda dan Marhobas. 

Malbinda adalah tradisi penyembelihan hewan sebelum Natal. Sedangkan Marhobas adalah tradisi memasak hasil sembelihan yang dilakukan oleh kaum pria. 

Makna dari tradisi Natal Marhobas dan Malbinda tidak hanya sebagai simbol kebersamaan dan pengingat persaudaraan antar masyarakat. Namun juga dikenal sebagai bentuk ucapan syukur kepada Tuhan.

Wayang Wahyu, Yogyakarta

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memiliki tradisi Natal yang tak kalah unik dan menarik dari peringatan dan ciri khas tradisi Natal tersendiri. 

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Natal di Yogyakarta dimeriahkan dengan pertunjukan kesenian Wayang Wayhu. 

Wayang Wahyu merupakan pertunjukan wayang kulit yang diangkat dari kisah-kisah Alkitab, sehingga diperagakan melalui kesenian wayang ini.

Wayang Wahyu bukan hanya sekedar pertunjukan wayang 'biasa', tetapi juga menjadi sarana untuk menyampaikan wahyu dan firman Tuhan. 

Menariknya, tradisi Wayang Wahyu juga menjadi sarana akulturasi budaya dan simbol toleransi terhadap keberagaman yang ada.

Ketiga tradisi perayaan dari hari Natal dengan ciri khas dari nusantra ini sangatlah menarik dan memiliki penuh makna tersendiri dari perayaan hari natal ini oleh setiap umat kristus.(*)

BACA JUGA:Ini Tempat Wisata Populer dan Menarik di Jawa Barat yang Bisa Jadi Tempat Liburan Natal dan Tahun Baru Kamu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenparekraf.go.id