Kenali Kompetensi Abad 21 yang Wajib Kamu Miliki

Kenali Kompetensi Abad 21 yang Wajib Kamu Miliki

Ilustrasi seseorang yang memiliki kompetensi Communication, creativity, critical thinking dan collaboration. -freepik by benzoix-

INFORADAR.ID – Memiliki kompetensi sangat dibutuhkan, apalagi di abad 21. Di abad 21, ada beberapa kompetensi yang harus dikuasai. kompetensi tersebut biasa disebut dengan kompetensi abad 21.

Pada abad 21, teknologi berkembang semakin pesat. Kegiatan pembelajaran juga sangat berkaitan erat dengan teknologi.

Selain itu, di abad 21 kegiatan pembelajaran disusun dengan menekankan pengembangan kompetensi, pengintegrasian teknologi hingga pelatihan skill.

Untuk itu, kompetensi 4C (Creativity, Critical thinking, Collaboration dan Communication) atau kompetensi abad 21 sangatlah diperlukan dan harus dimiliki setiap anak.

Untuk kamu yang belum mengetahui kompetensi abad 21, yuk mulai kenali kompetensi ini.

1. Creativity

Kompetensi pertama yaitu creativity atau kreatif. Kemampuan dalam berpikir kreatif sangatlah dibutuhkan. Kompetensi satu ini menjadi modal untuk menghadapi dunia kerja nantinya. Anak zaman sekarang haruslah menjadi agen perubahan dalam memanfaatkan teknologi yang berkembang semakin pesat.

Selain itu, berpikir kreatif juga bisa membuat kamu berani dalam mencari hingga mengungkapkan ide-ide brilian.

 

2. Critical Thinking

Kemampuan berpikir kritis bisa membuat kamu dengan mudah memecahkan suatu masalah. Hal ini karena saat kamu mendapatkan informasi, kamu tidak mudah menerimanya. Kamu akan menganalisa dan mempertanyakan kebenaran dari informasi yang didapatkan.

Di era serba teknologi ini, banyak informasi yang bersebaran namun tidak semuanya benar. Untuk itu, kamu perlu memiliki kompetensi ini. Kompetensi satu ini tidak akan muncul dengan sendirinya. Kamu perlu membangun dan mengasah dengan cara berdiskusi dan mempertanyakan hal-hal yang dianggap janggal

 

3. Collaboration

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: