Memanfaat Teknologi Modern Guna Perkembangan Sarana Dakwah

Memanfaat Teknologi Modern Guna Perkembangan Sarana Dakwah

Ilustrasi media teknologi guna sarana untuk dakwah.-freepik/@storyset-

INFORADAR.ID – Terdapat adanya pemanfaatan tekonologi yang akan sangat berguna untuk penyebaran agama islam, seperti halnya menjadi salah satu sarana untuk berdakwah di kala ini.

Secara estimologi perkataan dakwah berasal dari bahasa arab yang artinya “ajakan” yakni kegiatan yang bersifat menyeru, mengajak dan memanggil orang untuk beriman dan taat kepada Allah sesuai dengan garis aqidah, syari’at dan akhlak islam. (Adi Sasono,1998:150)

Keberadaan dakwah sangat urgent dalam islam. Antara dakwah dan islam tidak dapat dipisahkan antara yang satu dengan yang lainnya. Setiap muslim di wajibkan menyampaikan dakwah islam kepada seluruh umat manusia ,sehingga mereka dapat merasakan ketentraman dan kedamaian.

Perintah Allah SWT untuk meyeru kepada sekalian manusia merupakan perintah untuk berinteraksi melalaui informasi dan komunikasi. Al Qur’an  adalah sumber informasi mengenai keagamaan (Islam) dari Tuhan kepada umat manusia sebagai pemeluk Islam. 

Demikian pula sabda Rasulullah SAW yang memerintahkan untuk menyampaikan sesuatu yang berasal dari Rasul ,walaupun hanya satu ayat kepada orang lain. Ini menunjukan bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk menyebarkan informasi yang berasal dari Beliau. (Samsul Munir Amin,2009:VIII)

Dalam segi proses,dakwah tiada lain adalah komunikasi ajaran islam,dimana da’i menyampaikan pesan ajaran Islam melalui lambang-lambang kepada mad’u dan mad’u menerima pesan itu,mengolahnya dan kemudian meresponnya.

Adapun hal-hal yang mmpengaruhi dakwah dan komunikasi adalah seorang komunikan atau dalam dakwah disebut Da’i harus terampil,kaya akan ide-ide dan memiliki daya kreativitas yang tinggi.

BACA JUGA:Profil Singkat Zakir Naik, Pendakwah Cerdas Buronan India

Untuk mencapai keberhasilan,komunikator atau Da’I harus memiliki tiga hal penting,yakni :

1) Kredibilitas atau kepercayaan diri yang tinggi, baik dari sisi karakter,emosi diri yang terkendali,maupun kemampuan berargumentasi. Ini merupakan hal yang paling penting bagi seorang komunikator ataupun Da’i.

2) Daya Tarik seperti dalam kesamaan bahasa atau daerah,disukai,popular,kemampuan mengolah,atau mengemas materi pembahasan.

3) Kekuatan, yakni memiliki pengaruh besar dan luas.(Drs.Ahmad Yani,2008:31)

Memanfaatkan teknologi sebagai sarana dakwah juga termasuk kreativitas yang harus dimiliki Da’i apa lagi diera modern pada saat ini, di mana kemajuan teknologi yang sangat pesat menciptakan peluang untuk memudahkan kita mendapatkan dan menyebar luaskan dakwah islam dengan sangat mudah.

Kaidah fiqih menyebutkan bahwa “jika sebuah kewajiban itu tidak akan terealisasi dengan baik kecuali dengan menggunakan sarana, maka pemilihan sarana itu hukumnya sama-sama wajib”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: