5 Makanan Penambah Produksi ASI

5 Makanan Penambah Produksi ASI

Ilustrasi ASI-Couleur-pixabay.com

INFORADAR.ID - Meski suplai ASI sedikit, ibu menyusui tidak perlu khawatir. Anda dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis makanan di sekitar kita yang jadi penambah produksi ASI.

makanan penambah ASI (ASI) juga disebut makanan penghasil asam laktat atau penambah ASI.

makanan laktogenik adalah makanan yang mengandung galaktogen. Dapat merangsang dan meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Senyawa ini diduga dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon yang berperan penting dalam membantu wanita memproduksi ASI setelah melahirkan.

BACA JUGA:Urutan Skincare Ala Korea untuk Pemula Agar Kulit Sehat dan Glowing

Setiap ibu tahu bahwa ASI (Air Susu Ibu) adalah salah satu hadiah terindah yang bisa diberikan kepada bayi.

ASI adalah sumber nutrisi terbaik untuk bayi Anda karena mengandung semua nutrisi yang diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan yang optimal.

Namun, para ibu terkadang merasa produksi asinya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayinya. Tapi jangan khawatir.
Ada beberapa cara untuk meningkatkan produksi ASI. Berikut adalah beberapa makanan penambah ASI yang alami, bergizi dan tentunya mudah didapat.

Dilansir dari laman kemenkes, inilah makanan yang bisa meningkatkan produksi ASI:

BACA JUGA:Tips Cepat Cegah Masuk Agin Agar Libur Akhir Tahun Tetap Fit di Musim Hujan

1. Alpukat
Alpukat kaya akan lemak sehat, termasuk lemak omega-3, yang penting untuk perkembangan otak bayi dan membantu meningkatkan jumlah dan kualitas ASI.

2. Ikan
Seperti diketahui, ikan merupakan makanan bergizi yang memiliki banyak manfaat, seperti meningkatkan kuantitas dan kualitas ASI.

3. Air
Komposisi air dalam ASI bisa mencapai 90%. Minum cukup air membuat tubuh tetap terhidrasi dan memungkinkan produksi ASI yang optimal.

BACA JUGA:Kenali Depresi Fisik, Buat Badan Cepat Mudah Lelah dan Gangguan Tidur

4. Biji dan Kacang-kacangan
Sereal dan kacang-kacangan, seperti almond dan walnut, mengandung fitoestrogen dan protein yang membantu meningkatkan produksi ASI.

5. Sayuran hijau
Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, dan kangkung kaya akan zat besi dan kalsium untuk membantu meningkatkan produksi ASI dan mengandung vitamin C untuk membantu penyerapan nutrients.

Selain cara-cara di atas, Bu Busui juga bisa menggunakan metode kanguru hingga Oktober untuk meningkatkan produksi ASI.
Cobalah untuk membatasi penggunaan dot dan botol bayi selama menyusui, karena dapat menyebabkan kebingungan puting pada bayi.

BACA JUGA:Tiga Menu Makanan Rendah Kalori, Cocok Buat Kamu yang Lagi Diet

Selain itu, hindari kebiasaan tidak sehat seperti merokok tanpa anjuran dokter, minum alkohol, terlalu banyak minum minuman berkafein, dan minum obat, jamu, dan suplemen.

Ibu menyusui juga perlu memahami bahwa produksi ASI tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi fisik ibu menyusui, tetapi juga oleh kondisi psikologisnya.

Oleh karena itu, hanya mengonsumsi makanan galaktogenik tidak serta merta meningkatkan produksi ASI, seperti yang diinginkan ibu menyusui. (*)

BACA JUGA:8 Kesalahan Pemula dalam Menggunakan Produk Perawatan kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kemenkes.go.id