Tips Makin Akrab dengan Teman Ala Teori “Johari Window”

Tips Makin Akrab dengan Teman Ala Teori “Johari Window”

Ilustrasi berdiskusi dengan temsn--Twitter/ X

INFORADAR.CO.ID -  Siapa yang belum tau Teori Johari Window? Yang diklaim mampu menjadi solusi orang yang bermasalah dengan komunikasi dan susah akrab dengan teman.

Bisa akrab dengan teman tentu hal yang diinginkan seseorang ketika menjalian pertemanan dan Teori Johari Window bisa jadi jawaban.

Teori Johari Window ditemukan pada 1955 oleh Joseph Luft dan Harrington Ingham untuk menjadi solusi komunikasi bagi setiap orang yang susah akrab dengan teman.

Komunikasi antar teman memerlukan kedekatan dan kepercayaan. Namun, bagi yang merasa sulit membuka diri, bisa jadi tantangan tersendiri.

Rasa malu dan takut muncul, menyulitkan dalam menyampaikan pemikiran dan perasaan kepada teman.

Dalam Teori ini menggambarkan empat kuadran utama: daerah terbuka, daerah buta, daerah gelap, dan daerah tertutup. Dengan menerapkan prinsip-prinsip teori ini, kesadaran diri dapat ditingkatkan.

Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan dirumah untuk bisa menjalin komunikasi dengan dengan temanmu !

Dialog dengan Diri Sendiri:

Melalui analisis SWOT dan memberikan tanggapan positif, seseorang dapat membuka dialog dengan diri sendiri.

Misalnya, dengan menulis jawaban untuk pertanyaan "Siapa Saya?" dan mengembangkannya dengan 10, 15, atau 20 tanggapan. Ini membantu mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang diri sendiri.

Mendengarkan:

Umpan balik dari teman sangat berharga untuk meningkatkan kesadaran diri. Cara teman melihat, berbicara, atau minat terhadap pembicaraan kita bisa memberikan wawasan baru.

Terlepas dari sifatnya yang mungkin positif atau negatif, umpan balik membuka peluang untuk pertumbuhan pribadi.

Mengurangi Daerah Buta:

Aktif mencari informasi dari teman untuk mengurangi daerah buta dapat membantu kita memahami bagaimana kita dilihat oleh orang lain.

Pertanyaan sederhana seperti "Menurutmu, bagaimana presentasi saya?" bisa mengurangi ketidaknyamanan dan membuka peluang untuk meningkatkan kesadaran diri.

Amati Diri dengan Perspektif Orang Lain:

Melihat diri dari sudut pandang teman, keluarga, atau orang lain membantu kita memahami perbedaan pandangan.

Bayangkan diri kita seperti penumpang di transportasi umum, melihat bagaimana orang lain dari berbagai latar belakang memandang kita.

Memperluas Daerah Terbuka:

Dengan memperluas daerah terbuka, seseorang dapat meningkatkan kesadaran diri. Berbagi lebih banyak dengan teman-teman membuka diri untuk pengalaman dan umpan balik.

Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman diri, tetapi juga memperdalam hubungan dengan teman.

Dengan menerapkan prinsip-prinsip Teori Johari Window dalam kehidupan sehari-hari, kita dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang diri sendiri dan menciptakan komunikasi yang lebih terbuka dengan teman-teman.

 

Penulis : Artika Sari

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: