4 Tips Ini Hindari Kamu dari Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

4 Tips Ini Hindari Kamu dari Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Ilustrasi penyalahgunaan narkoba (Freepik)--

INFORADAR.ID - Penyalahgunaan Narkoba (narkotika atau obat berbahaya) masih menjadi masalah yang mengkhawatirkan. Problem ini tergolong kompleks, dan butuh penanganan komprehensif dari semua pihak berwenang.

Pada dasarnya, narkoba atau narkotika merupakan obat-obatan yang kerap digunakan di bidang medis. Penggunaan obat-obatan tersebut boleh di konsumaj, asalkan sesuai diresepkan oleh dokter dalam dosis aman.

Ketika narkoba atau obat-obatan digunakan secara sembarangan tanpa anjuran, bukan pada orang-orang yang membutuhkan penanganan atau sekedar untuk bersenang-senang, hal itulah yang dikenal sebagai penyalahgunaan narkoba.

Banyak jenis golongan narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya (NAPZA) jika digunakan secara aman akan bermanfaat bagi pasien, terutama yang mengalami masalah kesehatan tertentu. Akan tetapi, banyak pengguna narkoba mendapatkan obat-obatan secara ilegal.

Awalnya mungkin hanya coba-coba atau penasaran, selanjutnya akan kecanduan, bahlan sampai merusak masa depan penggunanya. Hal itu disebabkan banyak dari mereka tidak mengetahui bahaya tersembunyi di balik penggunaan obat terlarang tersebut. Berikut ini jenis-jenis narkoba dan bahaya yang mengintainya.

Dirangkum dari beberapa sumber,  berikut adalah 4 kiat menghindari penyalahgunaan narkoba.

1. Hindari rasa penasaran untuk mencoba. Bagaimanapun, sebagian besar riwayat kecanduan pada remaja berasal dari rasa penasaran.

2. Ketahui dampak buruk pemakaian narkoba untuk kesehatan dan fisik serta mental. Pilih pergaulan yang baik, jauhi teman yang dapat menimbulkan pengaruh buruk.

3. Lakukan kegiatan positif seperti olahraga atau bergabung dengan organisasi.

4. Hindari pergaulan malam. Lakukan kegiatan positif di waktu dam tempat yang aman bersama keluarga, teman dan rekan yang membawa efek positif. Jika punya masalah, cari jalan keluar yang aman dan jangan jadikan narkoba untuk melampiaskan masalah.

Itulah tips untuk anda terhindar dari penyalahgunaan narkoba. Memakai narkoba tidak atas saran dokter atau pihak media dengan alasan apapun, jangan pernah dilakukan. Narkoba tidak akan menyelesaikan masalah hidup, justru akan lebih menghancurkan kehidupanmu. Sayangi tubuh, orang sekitar dan masa depanmu dengan melakukan kegiatan positif dan bermanfaat. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: