Inilah Manfaat Cabai bantu Meredakan Nyeri dan Sakit Hati

Inilah Manfaat Cabai bantu Meredakan Nyeri dan Sakit Hati

Potret Buah Sayuran pascapanen--www.astronauts.id

INFORADAR.ID - Tanaman cabai menjadi favorit bagi semua orang karena memiliki rasa yang pedas yang disebabkan oleh kandungan kapsaisin.

Diketahui bahwa cabai berasal dari benua Amerika. Di Indonesia sendiri sangat mudah kita jumpai tanaman tersebut.

Selain memiliki cita rasa yang pedas ternyata cabai memiliki kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh anda.

Pada artikel ini penulis akan menyajikan manfaat tanaman cabai untuk kesehatan tubuh. Berikut penjelasannya.

1. Dapat meredakan nyeri

Selain meredakan hidung tersumbat, senyawa capsaicin dalam cabai juga berguna sebagai penghilang rasa sakit dan oleh karena itu sering digunakan sebagai bahan dalam salep dan krim untuk meredakan nyeri otot dan sendi.

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tau Konsumsi Brokoli Banyak Manfaat Untuk Anak

Salep dan krim yang mengandung capsaicin dapat menyebabkan sensasi terbakar saat dioleskan, tetapi juga dapat meredakan nyeri otot dan sendi.

2. Dapat menurunkan berat badan

Konsumsi cabai dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini karena capsaicin dalam cabai menekan nafsu makan dan meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh.

3. Dapat mencegah penyakit kanker

Capsaicin dalam cabai, karotenoid dalam cabai merah dan violaxanthin dalam cabai kuning juga merupakan antioksidan dan diketahui dapat melawan sel kanker.

Dalam sebuah penelitian, antioksidan dalam cabai mampu membunuh beberapa sel kanker, termasuk kanker usus besar, hati, paru-paru dan pankreas. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui efektivitas cabai dalam pengobatan kanker dan keamanannya.

4. Dapat mengatasi hidung tersumbat

Salah satu manfaat cabai yang paling langsung terasa adalah melegakan hidung tersumbat. Apabila dimakan dengan hidangan yang mengandung capsaicin, sensasi pedasnya dapat meredakan pembengkakan pada saluran napas dan mengencerkan lendir agar lebih mudah dikeluarkan.

5. Dapat meningkatkan imunitas tubuh

Cabai mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk. Vitamin C dalam cabai membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang infeksi dan penyakit tertentu.

Itulah deretan manfaat cabai untuk kesehatan tubuh anda. Semoga bermanfaat.(*)

BACA JUGA:Hindari 3 Hal Ini Jika Sudah Memasuki Usia 20-an Jika Tidak Ingin Memiliki Masa Depan Suram

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: