Tanara, Rumah Syekh Nawawi Al-Bantani, Tempat Wisata Religi Banten

Tanara, Rumah Syekh Nawawi Al-Bantani, Tempat Wisata Religi Banten

Masjid Jami An-Nawawi, peninggalan ulama besar Syekh Nawawi Al-Bantani, Tanara, Serang Banten.-radarbanten.co.id-

INFORADAR.ID - Tanara bukan hanya sebuah wilayah di Kabupaten Serang, Banten, namun telah menjadi tujuan wisata religi Banten berkat karya Syekh Nawawi al-Bantani.

Bagi umat Islam Indonesia, Syekh Nawawi al-Bantani dianggap sebagai salah satu ulama terbesar pada masanya. Tanara yang kini sebagai tempat wisata religi Banten adalah tempat kelahirannya.

Bagaimana bisa Tanara kini menjadi salah satu tempat wisata religi Banten? Simak ulasan INFORADAR.ID yang dinukil dari laman gnfi berikut ini hingga habis.

Syekh Nawawi al-Bantani lahir di Tanara pada tahun 1813 dengan nama Muhammad Nawawi bin Umar bin Arabiy.

BACA JUGA:Makam Syekh Waliyudin Bencongan Jadi Destinasi Wisata Religi Populer di Kabupaten Tangerang

Sepanjang hidupnya, beliau mempelajari ilmu-ilmu agama di Timur Tengah dan mendapat kehormatan untuk menjadi imam dan guru di Masjidil Haram.

Meskipun aktivitasnya dikenal di luar negeri, Syekh Nawawi Al-Bantani juga meninggalkan warisan berharga di Tanara, Banten.

Ia membangun sebuah masjid di sini, yang kemudian menjadikan Tanara sebagai destinasi wisata religi Banten yang menarik.

Masjid yang dimaksud adalah masjid Jami An-Nawawi. Dibangun berabad-abad yang lalu, masjid ini menjadi pusat daya tarik wisata religi Banten yang tak terbantahkan di Tanara. 

BACA JUGA:Jarang Diketahui Orang, Ini Empat Wisata Religi yang Ada di Lebak

Dan sekarang, potensi Tanara sebagai tujuan wisata religi Banten diakui oleh pemerintah setempat.

Saat ini, pemerintah tidak hanya mengandalkan Masjid An-Nawawi, tetapi juga berusaha menarik wisatawan dengan acara-acara menarik di Tanara.

Baru-baru ini, Pemerintah Kabupaten Serang bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) merevitalisasi wisata religi Banten di Tanara melalui Festival Budaya Tanara.

Festival Budaya Tanara menampilkan berbagai acara budaya yang merepresentasikan Serang, dan Festival Budaya Tanara diselenggarakan pada bulan Agustus lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: