Prompt Writer, Profesi Baru dengan Gaji Selangit

Prompt Writer, Profesi Baru dengan Gaji Selangit

ilistrasi pekerjaan prompt writer yang dihasilkan dari kecerdasan buatan AI.-freepik-

INFORADAR.ID – Kemunculan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) atau AI telah membuat berbagai perubahan terhadap aspek kehidupan, seperti cara berinteraksi hingga pada pekerjaan.

Kecanggihan yang ditawarkan, membuat banyak orang khawatir jika pekerjaannya akan tergantikan oleh AI.

Salah satunya kemampuan yang dimiliki Chat GPT yang bisa membuat artikel atau menjawab pertanyaan-pertanyaan, hingga merangkum materi Pelajaran.

Namun, dibalik itu semua, kehadiran AI juga menciptakan pekerjaan baru dengan keuntungan yang menggiurkan.

Profesi baru yang sedang ramai diperbincangkan yang berkaitan dengan AI yaitu prompt writer.

Pekerjaan baru ini ternyata memiliki gaji tinggi hingga capai miliaran, loh. Prompt writer memiliki peran utama dalam mengarahkan model Bahasa AI.

Pada dasarnya, prompt writer merupakan profesi baru yang memiliki peran dalam memberikan instruksi atau mengarahkan dan memastikan respon AI.

Prompt writer berfokus pada peningkatan kualitas jawaban AI, serta mempersonalisasi interaksi AI agar mudah dipahami.

Selain itu, prompt writer bekerja dengan algoritma AI yang bisa menganalisis berbagai sumber informasi hingga menghasilkan konten yang menarik.

Selain menghasilkan tulisan yang bisa mendorong AI untuk memberikan penjelasan yang mendalam, prompt writer juga berperan dalam menjaga keamanan AI. Prompt writer akan bekerja dalam meminimalkan resiko adanya respon yang tidak diinginkan yang diberikan oleh AI.

Salah satu tantangan yang dihadapi oleh prompt writer yaitu menjaga keaslian dari tulisan yang dihasilkan.

Meskipun AI bisa menghasilkan tulisan, namun  untuk membuat tulisan yang kreatif dan memunculkan emosional perlu adanya sentuhan dari manusia. Oleh karena itu, prompt writer hadir untuk memaksimalkan tulisan yang dihasilkan oleh AI.

Keuntungan menjadi prompt writer yaitu prospek kerja yang luas dan menjanjikan. Tak hanya itu, jika semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan  kecanggihan AI, maka permintaan posisi prompt writer akan semakin banyak.

Di Amerika Serikat (AS), profesi prompt writer bisa mendapatkan gaji sebesar US$ 335.000 atau setara dengan Rp 4,9 Miliar per tahun. Selain gaji yang besar,profesi prompt writer juga memiliki fleksibilitas dalam bekerja. Seorang prompt writer bisa saja kerja dalam jarak jauh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: