Jarang Diketahui Orang, Ini Empat Wisata Religi yang Ada di Lebak

Jarang Diketahui Orang, Ini Empat Wisata Religi yang Ada di Lebak

Makam kramat Patih Derus-Suryana AS-

INFORADAR.ID - Banten merupakan daerah para ulama, jadi tak aneh jika beberapa kabupaten/kota di Banten banyak makan para ulam besar dan juga keturunan dari Kesultanan Banten. Banyak sekali makam para ulama dan wali besar yang jarang diketahui oleh banyak orang.

Saat ini malam keramat menjadi wisata religi yang sering dilakukan oleh masyarakat Banten dan umumnya masyarakat Indonesia. Sebagai kota ulama Banten sangat terkenal dengan sejarah Islamnya.

Wisata religi biasanya kebanyakan berada di Kabupaten Serang, Kota Serang dan Pandeglang. Namun siapa sangka Kabupaten Lebak juga memiliki wistaa religi, berikut empat wisata religi di Lebak yang jarang diketahui orang:

1. Keramat Cokel Curugbitung

Dikenal oleh masyarakat umum dengan sebutan Makam Keramat Cokel. Makam ini merupakan tujuan wisata realigi bagi warga yang jarang diketahui. Makam tersebut berada di Kampung Pasir Nangka, Desa Curugbitung, Kecamatan Curugbitung, Kabupaten Lebak.

Keramat Cokel merupakan makam salah satu ulama yakni Raden Tb Kuncung Amarullah, yang menyebarkan Agama Islam di Banten tepatnya di Kecamatan Curugbitung dan sekitarnya. Makam dibuka setiap hari dan banyak dikunjungi warga yang hendak berziarah.

Setiap tahun warga di sekitar Makam Keramat Cokel, akan menggelar satu tradisi yang disebut dengan Ngembang Cokel, dimana akan datang ribuan warga dari berbagai daerah untuk memperingan Haul Tb Kuncung Amarullah. Tradisi tersebut sudah dilakukan selama puluhan tahun oleh warga di Kecamatan Curugbitung.

2. Keramat Prabu Wong Sagati Sajira 

Makam keramat ini berada di Kampung Sajira Timur, Desa Sajira Mekar, Kecamatan Sajira sebuah kampung yang dikelilingi ribuan pemakaman. 

Dalam kompleknya ada banyak makam, namun dari sekian banyaknya makam disana, ada dua makam diantara ribuan makam yang paling sering dikunjungi peziarah, yakni makam keramat Prabu Dalem Hadi dan Prabu Dalem Wong Sagati. 

Untuk diketahui, kedua tokoh ini masih ada kaitannya dengan Prabu Siliwangi dan Prabu Kian Santang. Kedua Prabu tersebut jugalah yang dipercaya sebagai penyebar agama Islam di daerah Sajira.

BACA JUGA:Inilah 4 Tempat Wisata Religi di Banten yang Banyak Dikunjungi Peziarah

3. Keramat Sanghyang Mandiri Kalanganyar 

Berada di Desa Sangiang Tanjung, Kecamatan Kalanganyar, Kabupaten Lebak. Makam keramat tempat berziarah, makam ini juga menjadi destinasi wisata religi. Bagi warga bisa mengunjungi makam keramat, dibuka dari pagi hingga malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: