Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah, Pondok Pesantren Terbaik di Tangerang, Banten

Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah, Pondok Pesantren Terbaik di Tangerang, Banten

Abuya Uci Turtusi (alm), pengasuh Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah-instagram @sudut.pandangsantri-

INFORADAR.ID - Provinsi Banten memang terkenal dengan masyarakatnya yang religius. Di Banten, anda akan dengan mudah menemukan atau mencari Pondok Pesantren terbaik. Salah satunya Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah.

Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah berada di Kampung Cilongok, Jalan Puri Jaya, Kelurahan Sukamantri, Kecamatan Pasat Kemis, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Melansir Wikipedia, Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah (bahasa Arab: المعهد السلفى الاستقلاليه) adalah sebuah pesantren yang didirikan ulama besar Kabupaten Tangerang, Abuya K.H. Dimyathi pada tahun 1957.

Pndok pesantren ini berafiliasi kuat dengan ormas terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU). Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah mengedepankan ajaran salafi, yang menekankan pada kemampuan membaca dan mengkaji kitab-kitab salaf atau kitab kuning sebagai sarana pembelajaran sehari-hari.

Saat ini Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah diasuh salah satu anak Abuya K.H. Dimyathi, yang juga ulama besar Tangerang, Abuya Uci Turtusi. Sepeninggalan Abuya Uci Turtusi, Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah kini diasuh adik almarhum, Abuya K.H. Tohawi Romli.

Kurikulum dari Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah diantaranya Tahfizhul Qur'an, Madrasah Diniyah, kajian Kitab Kuning, ekstrakurikuler, Ta'limul Qur'an, Qiroatul Qur'an bit Tartil Wat Taghonni, belajar al-Qur'an, kursus Mu'allim al-Qur'an, pengajian Kitab Kuning, seni Hadrah, Khitobah, kursus Kaligrafi, kursus Bahasa Arab.

Adapun fasilitas dari Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah, seperti Masjid, asrama pesantren, gudang, prpustakaan, toilet, ruang tamu, kopontren, dapur, aula, lapangan dan kantor. (*)

BACA JUGA:Pondok Pesantren La Tansa yang Terkenal di Indonesia Berada di Lebak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: