Ini Dia 5 kebiasaan yang Disepele dan Dapat Merusak Ginjal

Ini Dia 5 kebiasaan yang Disepele dan Dapat Merusak Ginjal

potret ginjal yang terlihat sehat. -freepik/@pch.vector-

INGORADAR.ID – Berikut merupakan kebiasaan buruk yang sering dilakukan dan dapat merusak ginjal, begini lengkapnya.

Kesehatan menjadi hal terpenting yang harus kita jaga dengan baik, termasuk dengan Kesehatan ginjal yang harus sangat diperhatikan.

Ginjal menjadi salah satu organ terpenting di dalam tubuh kita dengan banyak fungsi dan manfaat bagi tubuh kita.

Adanya fungsi utama dari ginjal itu sendiri guna menyaring senyawa racun yang dari asupan yang kita konsumsi dari darah.

Namun apabila organ ginjal ini mengalami masalah dalam kesehatannya, maka racun akan tersebar ke seluruh tubuh dan tidak bisa bekerja dengan baik. 

Banyak faktor yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada kesehatan ginjal, baik dari hal-hal yang sering dilakukan secara sadar atau tidak sadar.

BACA JUGA:Musim Hujan Akan Tiba, Persiapkan 6 Hal Ini Agar Kamu Bisa Tetap Sehat dan Kuat

Berikut merupakan beberapa kebiasaan buruk yang sepele, sehingga bisa menjadi penyebab kerusakan pada kesehatan ginjalmu, seperti: 

1. Menahan Pipis

Ini merupakan kebiasaan yang tanpa disadari sangat sering dilakukan oleh banyak orang, di mana menahan untuk pipis atau buang air kecil ini bisa menjadi pemicu utama dalam gangguan kesehatan ginjal.

Adanya penundaan pembuangan air urin bisa membuat kamu mengalami kencing batu karena adanya penghambatan dalam pembuangan kotoran dan racun yang dibawa oleh urin, sehingga bakteri akan semakin berkembang di kandungan kemih.

2. Sering Begadang

Kurangnya jam tidur mampu mengganggu kesehatan pada tubuh dan kita akan terkesan mengabaikan pentingnya kesehatan karena terlalu sibuk dengan banyaknya keseibukan.

Kurangnya jam tidur, bisa membuat regenerasi pada tubuh tidak optimal, sebagaimana pada kesehatan ginjal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: