Empat Pondok Pesantren Terkenal di Banten

Empat Pondok Pesantren Terkenal di Banten

Ponpes Populer di Banten. -Ahmad Nawawi Nahlan-

INFORADAR.ID- Dikenal sebagai Kota Santri dan membawa besar nama besar Kesultanan Banten, tentunya Banten merupakan daerah terkenal dengan ulama dan banyaknya Pondok Pesantren (Ponpes) yang ada di delapan kabupaten/kota.

Banten merupakan wilayah yang banyak sekali memiliki Ponpes, ada ribuan yang ada di Kabupaten Lebak, Pandeglang, Serang, Tangerang, Kota Tangerang, Kota Cilegon, Kota Tangerang Selatan, dan Kota Serang.

Dengan keberadaan ribuan ponpes, tentunya banyak sekali ribuan santri dan santriwati yang ada di Banten. Dengan keberadaan ponpes dan Santri, tidak aneh lagi Banten disebut Kota Santri.

Ponpes yang ada di Banten tentunya menjadi pilihan bagi semua kalangan masyarakat Banten dan Indonesia, karena menjadi rekomendasi untuk menuntun ilmu agama.

Berikut empat Ponpes terkenal di Banten yang memiliki ribuan santri dan telah melahirkan tokoh terkenal dan publik pigur :

1. Pondok Pesantren Roudotul Ulum Cidahu

Merupakan salah satu Ponpes yang berada Kampung Cidahu Lebak, Desa Tanagara, Kecamatan Cadasari Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten. Ponpes ini menjadi salah satu pusat pendidikan dan pembinaan Ilmu Agama yang diterapkan Abuya di Pesantren Cidahu, keberadaan Ponpes Roudtul Ulum juga menjadi barometer bagi Pesantren-Pesantren lain, khususnya di Banten dan sekitarnya.

Dikutip dari berbagai sumber, Ponpes Roudotul Ulum diawali oleh KH. Muhammad Dimyathi Amin yang akrab dipanggil dengan sebutan Abuya Dimyathi sebagai perintis pada tahun 1975.

Saat ini Ponpes Roudotul Ulum memiliki banyak ratusan santri dan ribuan alumni yang ada di Banten dan umumnya di Indonesia. Ponpes Salafiyyah ini sangat terkenal di kalangan masyarakat Banten dan sekitarnya.

2. Pondok Pesantren Al-Istiqlaliyah Cilongok 

Saat mendengar kata Ponpes di Banten, pasti langsung terlintas Ponpes Al-Istiqlaliyah Cilongok yang dikelola almarhum KH. Dimyati (almarhum) yang merupakan seorang ulama besar di Kabupaten Tangerang.

Selanjutnya Ponpes ini sepeninggal KH. Dimyati, dilanjutkan kembali oleh putra beliau pada awal tahun 2001 yakni KH.Uci Turtusi (almarhum). Ponpes ini, yang selalu ramai dikunjungi peziarah apalagi pada saat kegiatan haul Tuan Syekh Abdul Qadir Al-Jailani.

Pondok Pesantren Salafiyah Al-Istiqlaliyah berdiri sejak tahun 1957 oleh KH. Dimyati, dan hingga saat ini masih eksis dan menjadi salah satu pondok terkenal di Banten.

3. Pondok Pesantren Daar El-Qolam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: