Nikmati Hari Liburmu dengan Tapak Tilas Wisata Kesultanan Banten

Nikmati Hari Liburmu dengan Tapak Tilas Wisata Kesultanan Banten

Aplikasi Tiktok yang banyak digunakan --Unsplash @Solen Feyissa

INFORADAR.ID - Jika kembali ke sejarah. Kerajaan Banten merupakan salah satu kerajaan besar di Nusantara khususnya di Pulau Jawa. Dengan jejak sejarah yang melekat, kerajaan memiliki peninggalan yang masih kita rasakan sampai sekarang.

Perlu diketahui bahwa kerajaan Banten dikenal dengan nuansa keislaman yang mewarnai kehidupan kerajaan. Bahwa memang sebagai saksi perjuangan atas perlawanan terhadap Belanda. Banten memiliki situs-situs peninggalan yang bisa dijadikan sebagai agenda napak tilas.

Pada artikel kali ini kamu akan diajak untuk ikut menulusi secara singkat terkait dengan situs-situs di kesultanan Banten yang dapat kamu kunjungi dan nikmati.

BACA JUGA:Kupas Tuntas Samsung Galaxy A05s, Hp Berkualitas Harga Murah Meriah

1. Istana Keraton Surosowan

Situs istana surosowan merupakan kediaman para sultan Banten. Salah satu sultan yang pernah mendiamii tempat tersebut adalah Sultan Maulana Hasanuddin Banten hingga sultan Haji yang pernah berkuasa pada tahun 1672-1687.

Perlu kamu ketahui juga bahwa istana ini dibangun pada tahun 1552. Sekarang istana surosowan tinggal sisa-sisa bangunannya saja. Sisa dari pada bangunan ini merupakan Benteng yang terbuat dari batu merah dan juga batu karang dengan tinggi sekitar 0,5-2 meter.

2. Masjid Agung Banten

Masjid ini di bangun pertama kali oleh Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Beliau merupakan putra pertama dari Sunan Gunung Jati. 

Salah satu khas yang memang terlihat pada bangunan masjid agung banten adalah atap bangunan utama yang memiliki bentuk bertumpuk lima, mirip seperti pagoda yang ada di Tiongkok. Masjid Agung Banten ini telah dirancang oleh arsitektur yang bernama Tjek Ban Tjut. Dua buah serambi yang dibangun menjadi pelengkap di sisi utara dan selatan bangunan utama.

3. Museum Kepurbakalaan Banten Lama

Museum ini dibangun dengan gaya arsitektur tradisional jawa barat seperti yang terlihat pada bentuk atapnya. 

Museum situs kepurbakalaan banten lama ini juga mempunyai luas tanah sekitar 10.000 meter persegi dan bangunannya kurang lebih 778 m persegi.

Demikianlah situ-situs sejarah Kesultanan Banten yang wajib kamu kunjungi. Semoga bermanfaat.(*)

BACA JUGA:Genre Aksi Kriminal Pertama Nam Joo Hyuk, Ini 3 Alasan Lainnya Kamu Harus Nonton Drama Korea Vigilante

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: