Ponpes Darush Sholah Peringati Hari Santri Nasional 2023

Ponpes Darush Sholah Peringati Hari Santri Nasional 2023

Upacara peringatan HSN 2023 di Pondok Pesantern Darush Sholah, Minggu (22/10/23)--dokumentasi

INFORADAR.ID - Pondok Pesantren Darush Sholah, Kelapa Gading, Kota Serang  memperingati Hari Santri Nasional 2023, Minggu, 22 Oktober 2023.

Pengasuh Kyai Refli Agustiono yang menjadi Inspektur upacara, mengajak para santri untuk semangat belajar, mengaji dan menghafal sebagai bukti sebagai rasa syukur selaku pewaris para kyai dan ulama.

"Kita patut bersyukur, kita selaku pengisi kemerdekaan, tidak pernah ikut berjuang dengan jiwa, raga dan harta, maka patut kita syukuri nilai-nilai kemerdekaan ini," kata Kiai Refli yang juga akrab disapa Ki Peci Beureum itu.

"Terlebih para santri untuk mengisi kemerdekaan ini dengan giat belajar, giat mengaji, giat menghafal. Itu bukti syukur kita sekalu anak bangsa, selaku pewaris kemerdekaan ini, pewaris para kyai dan ulama," lanjutnya.

Ki Peci Beureum juga mengingatkan bahwa patuh kepada guru merupakan hal yang sangat penting sebagaimana yang tercantum dalam mars hari santri itu sendiri.

"Sesuai dengan isi dari mars hari santri itu sendiri, yang dikukuhkan oleh Presiden kita, mengambil dari momen peringatan hari pahlawan 10 November yang di prakarsai oleh Hadrutu Syaikh Mbah Yai Hasyim Asy'ari, pendiri Nahdlatul Ulama. Itu dengan cara kita patuh kepada guru-guru kita, patuh kepada para kyai, patuh kepada orang tua kita, baik orang jasmani maupun orang tua ruhani kita." Tandasnya

Ki Peci Beureum menambahkan bahwa keberkahan ilmu hanya bisa didapatkan dengan berkhidmah kepada guru.

"Sebab khidmah itu adalah nomor satu. Mengaji itu sulit, yang lebih sulit adalah menghafal. Menghafal itu sulit, yang lebih sulit adalah mengamalkan. Mengamalkan itu sulit, yang lebih sulit adalah berkhidmah. "Al-khidmatu khairun min alfi barokat." Khidmah kepada guru lebih utama daripada seribu keberkahan. Tidak mungkin mendapatkan seribu keberkahan tanpa ada khidmah kepada guru," imbuh Ki Peci Beureum.

Mudah-mudahan kita mendapatkan doa dan barokah dari para guru dan kyai kita semua. (*)

BACA JUGA:Selain Kabupaten Pandeglang, Inilah Daerah dengan Julukan Kota Santri di Indonesia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: