Kamu Wajib Tahu Perbedaan Asuransi dengan BPJS

Kamu Wajib Tahu Perbedaan Asuransi dengan BPJS

ilustrasi asuransi --Freepik @pressfoto

INFORADAR.ID - Saat ini, kita harus benar-benar peduli dengan kesehatan kita! Terutama setelah pandemi, kita harus melek dengan aspek-aspek pendukung seperti asuransi dan BPJS

Banyak orang yang masih belum mengetahui perbedaan antara BPJS dan asuransi kesehatan swasta. Akibatnya, banyak orang yang mengira bahwa BPJS tidak ada bedanya dengan asuransi swasta.

Padahal, ada perbedaan yang cukup signifikan di antara keduanya. Tidak hanya itu, perbedaan lain yang mencolok adalah mengenai organisasi penyelenggara. artikel ini akan menjelaskan beberapa informasi dasar. 

berikut beberapa perbedaan antara asuransi dengan BPJS

1. BPJS tidak memiliki polis asuransi

Polis asuransi berisi klausul dan pasal-pasal yang mengikat antara perusahaan asuransi dan klien. Di masa depan, jika klaim perlu dilakukan, polis asuransilah yang dipanggil; karena BPJS tidak memiliki polis, maka tidak ada kontrak yang mengikat, dan klausul-klausulnya cenderung berubah-ubah tergantung pada kebijakan pemerintah.

BACA JUGA:Gak Perlu Resign, Begini Syarat dan Cara Mencairkan Saldo BPJS Ketenagakerjaan

2. BPJS tidak menanggung kecelakaan

BPJS tidak menanggung kecelakaan karena berbagai jenis asuransi pribadi memiliki harga yang berbeda, sehingga ada asuransi yang menanggung kecelakaan.

3. Jumlah rujukan terbatas

Rujukan rumah sakit di bawah BPJS bergantung pada lokasi atau terbatas dibandingkan dengan asuransi swasta yang memiliki jaringan di kota-kota besar. 

4. Obat-obatan

untuk BPJS kebanyakan yang diperoleh adalah obat generik

5. Sistem INA-CBGS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: