Banyak Manfaat dari Buah Tomat yang Baik Bagi Tubuh

Banyak Manfaat dari Buah Tomat yang Baik Bagi Tubuh

Ilustrasi buah tomat yang mengandung banyak manfaat --Freepik @Asphotofamily

INFORADAR.ID - Tomat adalah buah populer yang sering digunakan dalam berbagai hidangan. Tomat tidak hanya memberikan rasa yang segar dan lezat, tetapi juga kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Tomat tidak hanya lezat sebagai hidangan, tetapi juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Tomat kaya akan nutrisi penting yang memiliki efek positif bagi tubuh.

Tomat mengandung vitamin dan senyawa yang meningkatkan kesehatan, terutama likopen. Likopen adalah zat berwarna merah yang ditemukan dalam tomat. Likopen bermanfaat sebagai antioksidan dan dapat mencegah pembentukan radikal bebas penyebab penyakit.

Berikut ini manfaat tomat bagi tubuh Anda 

1. Perawatan kulit

Kolagen adalah komponen penting dari kulit, rambut, kuku, dan jaringan ikat. Produksi kolagen dalam tubuh bergantung pada vitamin C. Asupan vitamin C yang tidak mencukupi dapat menyebabkan penyakit kudis. Karena vitamin C adalah antioksidan yang kuat, asupan vitamin C yang tidak mencukupi akan meningkatkan efek merusak dari sinar matahari, polusi dan merokok. Hal ini menyebabkan efek negatif pada kulit seperti keriput, kendur dan noda.

2. Kontrol diabetes

Penderita diabetes tipe 1 yang menjalani gaya hidup sehat dan mengikuti diet tinggi serat yang sehat memiliki kadar glukosa darah yang lebih rendah. American Diabetes Association merekomendasikan agar penderita diabetes mengonsumsi sekitar 25 g serat per hari untuk wanita dan 38 g per hari untuk pria.

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Naga yang Jarang Diketahui, Bisa Sehatkan Usus hingga Jantung

3. Mendukung kehamilan yang sehat

Konsumsi asam folat sebelum dan selama kehamilan penting untuk mencegah gangguan neurologis janin. Asam folat adalah bentuk sintetis dari folat. Senyawa ini dapat diperoleh dalam bentuk suplemen dan juga dapat ditingkatkan melalui nutrisi yang tepat. Suplemen direkomendasikan untuk wanita hamil, tetapi sumber asam folat alami terbaik adalah tomat.

4. Menjaga kesehatan mata

Tomat kaya akan likopen, lutein dan beta-karoten. Ketiganya merupakan antioksidan yang kuat dan telah terbukti melindungi mata dari kerusakan ringan dan mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula yang berkaitan dengan usia. Seperti wortel, buah ini dapat membantu menjaga kesehatan penglihatan.

5. Pencegahan sembelit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: