Tips Menentukan Modal Awal Untuk Membuka Usaha Baru

Tips Menentukan Modal Awal Untuk Membuka Usaha Baru

Ilustrasi seseorang yang sedang menghitung modal usaha --Freepik @wirestock

INFORADAR.ID - Jika Anda ingin memulai bisnis, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan. Salah satunya adalah menghitung modal awal, yaitu jumlah modal berupa dana yang digunakan untuk memulai bisnis. Modal awal biasanya diberikan pada tahap awal dan digunakan untuk mengembangkan bisnis seiring berjalannya waktu.

Menghitung modal awal bisnis, baik yang berasal dari modal sendiri maupun yang berasal dari investor, diperlukan untuk memperkirakan jumlah total modal yang dibutuhkan dan jumlah keuntungan yang dapat diperoleh dari bisnis tersebut.

Hal ini juga dapat membantu menentukan berapa banyak barang yang akan diproduksi, mengembangkan strategi pemasaran yang tepat, dan menentukan harga jual produk dan jasa. Dengan cara ini, seseorang dapat mengetahui langkah apa yang harus diambil selanjutnya.

Berikut ini Hal-hal yang harus dilakukan ketika anda akan membuka usaha baru

Sebelum memulai bisnis baru, Anda perlu menentukan apakah modal diperlukan untuk menjalankan bisnis tersebut. Jika modal diperlukan, tentukan berapa banyak modal yang dibutuhkan agar Anda tidak merugi nantinya. Bagian ini menjelaskan bagaimana cara menentukan modal untuk sebuah bisnis.

BACA JUGA:Peluang Usaha yang Menjanjikan, Berikut Ini 7 Ide Usaha Nya

1. Tuliskan semua yang Anda butuhkan

untuk bisnis Langkah pertama dalam menentukan modal adalah menuliskan semua yang Anda butuhkan untuk bisnis. Dengan menuliskannya, Anda akan mengetahui kebutuhan apa saja yang perlu dipersiapkan dan tidak melewatkan sesuatu yang tidak perlu.

2. Riset harga pasar 

Setelah Anda mencatat semua yang Anda butuhkan untuk bisnis, langkah selanjutnya adalah melakukan riset harga di pasar. Usahakan untuk mencari harga yang paling rendah agar modal atau harga jual tidak terlalu tinggi. Selain mencari harga terendah, pastikan kualitas produk juga tetap terjaga agar tidak mengecewakan ekspektasi pelanggan.

3. Total seluruh harga

Jumlahkan harga semua kebutuhan Dengan melakukan studi harga, Anda akan mendapatkan gambaran bagaimana harga kebutuhan bisnis Anda di pasaran. Kemudian jumlahkan harga semua kebutuhan bisnis Anda untuk menentukan jumlah modal yang Anda butuhkan.

Rumus untuk menghitung modal awal bisnis : 

- Modal awal = modal investasi + modal kerja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: