Wisata Religi Makam Sunan Giri, Tempat Wisata Bersejarah

Wisata Religi Makam Sunan Giri, Tempat Wisata Bersejarah

makam sunan giri--instagram/rindra170

INFORADAR.ID - Saat Anda berwisata ke Gresik, jangan lupa untuk berziarah ke Makam Sunan Giri. Selain menjadi salah satu wisata ziarah yang terkenal di Gresik, Makam Sunan Giri juga menjadi tempat wisata bersejarah dan budaya.

Sunan Giri adalah seorang yang menjadi salah satu tokoh Wali Songo. Beliau dilahirkan pada tahun1442 M. Pada masa hidupnya, beliau sangat aktif sekali dalan menyebarkan ajaran Islam.

Selain sebagai wali songo, beliau juga menyandang gelar Prabu Satmoto. Gelar tersebut diberikan kepadanya karena beliau pernah menjadi penguasa kerajaan Giri Kedaton pada tahun 1487.

BACA JUGA:Wisata Religi Makam Sunan Bonang di Tuban, Pencipta Lagu Tombo Ati

Makam Sunan Giri berada di atas  bukit kapur, di sisi utara Gunung Kendeng. Tempat makamnya berada di desa Giri Gajah, dan menjadi salah satu tempat wisata penting di daerah tersebut.

 Dulunya kompleks makan Sunan Giri merupakan tempat pertapaan. Di tempat ini beliau mengajarkan kitab kuning.

Setidaknya ada dua daya ratik yang berkaitan dengan tempat ziarah Makam Sunan Giri. Kedua daya tarik tersebut adalah Museum Sunan Giri dan legenda buah mengkudu.  

Bangunan museum sunan menjadi daya tarik wisata di kompleks makam sunan Giri. Wisatawan museum tidak hanya datang dari wisatawan dalam negeri namun juga dari luar negeri.

 Koleksi yang disimpan di museum Sunan Giri sebagian besar merupakan benda-benda peninggalan Sunan Giri ketika menyebarkan ajaran Islam di Gresik. 

Selain itu, barang-barang pribadinya juga tersimpan rapi di musium ini. Diantaranya sorban, rebana, Al-Quran, sajadah, Keris Kalam Munyeng, dan pelana. Koleksi lainnya termasuk benda-benda sumbangan dari Eropa dan China.

Yang menariknya lagi, terdapat beberapa koleksi yang tidak ada hubungannya dengan sejarah penyebaran  Islam. Dalam musium ini mencakup koleksi fosil manusia purba, artefak kuno, dan banyak lagi. 

Di komplek makam sunan Giri terdapat pohon mengkudu yang legendaris. Konon katanya, buah mengkudu yang ditanam sangat efektif menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Tak heran jika banyak para peziarah yang mencari buah mengkudu yang ada di sekitaran makam. Bahkan sebagian peziarah berharap dengan memakannya agar bisa segera mempunyai keturunan.

Tempat wisata ziarah makam Sunan Giri berada di Dusun Giri Gajah, Desa Gajah, Kec. Kebomas, Kab. Gresik, Jawa Timur. Lokasinya sangat dekat dengan pusat kota Gresik, hanya sekitan 4 km saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: